Mohon tunggu...
Anwar Ibrahim
Anwar Ibrahim Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Membaca dan Menulis

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Inspirasi Pagi dari Tindakan Kecil

16 Juli 2023   05:30 Diperbarui: 16 Juli 2023   07:29 196
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Picture by Anwar Ibrahim

Jakarta, 16 Juli 2023

Dikisahkan di sebuah desa sederhana yang terletak di tepi bukit, hiduplah seorang anak muda yang bernama bernama Ali. Ali adalah seorang yang sangat optimis dan penuh semangat. Setiap pagi, sebelum matahari terbit, dia selalu bangun lebih awal untuk beribadah, menikmati keindahan pagi dan mencari inspirasi di sekitarnya.

Suatu pagi, ketika Ali sedang berjalan-jalan di sekitar desa, dia melihat seorang anak kecil sedang menanam pohon di sebidang tanah kosong. Ali mendekati anak itu dan bertanya, "Hello, apa yang sedang kamu lakukan?"

Anak kecil itu tersenyum dan menjawab, "Hallo! Aku mencoba menanam pohon ini supaya kelak suatu hari nanti bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Saya ingin menciptakan sebuah taman di sini."

Ali merasa terinspirasi oleh semangat anak kecil itu. Dia membantu anak itu menanam pepohonan lain dengan berbagai jenis di sekitar tanah kosong itu. Mereka berdua bekerja sama dengan penuh semangat dan kegembiraan. Setiap pagi, Ali dan anak kecil itu pergi ke tanah kosong itu untuk merawat pepohonan yang mereka tanam.

Setelah sekian lama berlalu, pepohonan itu tumbuh subur dan membentuk taman yang indah. Tidak hanya memberikan keindahan visual, taman itu juga memberikan manfaat bagi penduduk desa. Dan juga Pepohonan tersebut memberikan buah-buahan yang lezat, pemandangan yang indah, dan oksigen yang segar bagi udara yang mereka hirup.

Kisah taman yang indah ini menyebar ke seluruh desa, dan penduduk desa lain mulai terinspirasi oleh Ali dan anak kecil itu. Mereka juga mulai menanam pepohonan di sekitar desa dan menjaga lingkungan yang asri dan memberikan manfaat.

Ali mendapatkan pelajaran bahwa kebaikan dan keindahan bisa dimulai dari satu tindakan kecil. Dia menjadi semakin percaya diri dan memulai proyek-proyek lingkungan lainnya di desa tersebut. Dia mengajak penduduk desa untuk membersihkan sungai yang tercemar dan tak terurus, membangun taman-taman lain, dan mengadakan kegiatan yang mendidik tentang pentingnya menjaga lingkungan.

Tidak hanya itu, semangat Ali juga menyebar ke luar desa. Berkat kegiatan-kegiatan lingkungan yang mereka lakukan, desa tersebut mendapat penghargaan sebagai desa yang peduli lingkungan. Ali menjadi inspirasi dan memberikan manfaat bagi banyak orang di sekitarnya, bahkan di desa sebrang.

Kisah Ali dan taman yang indah tersebut mengingatkan kita bahwa satu tindakan kecil dapat menginspirasi, mengedukasi dan membawa perubahan yang besar. Semangat dan optimisme Ali mengajarkan kita untuk tidak pernah menyerah dan selalu mencari cara untuk berbuat baik bagi lingkungan dan masyarakat di sekitar kita.

Setiap pagi, ketika Ali melihat taman yang indah yang telah mereka ciptakan, dia merasa bersyukur dan bahagia. Pagi-pagi yang ceria itu menginspirasi dirinya dan orang lain untuk terus berbuat baik dan menjaga lingkungan dengan penuh semangat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun