Mohon tunggu...
Anuk Kuswanti
Anuk Kuswanti Mohon Tunggu... Guru - Guru

Belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Asah Kreativitas Siswa, Guru Matematika MTsN 1 Bantul Manfaatkan Blok Aljabar

30 Agustus 2024   14:36 Diperbarui: 30 Agustus 2024   14:47 133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi

Bantul (MTsN 1 Bantul)--- Dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pemfaktoran bentuk kuadrat, guru matematika di MTs Negeri 1 Bantul, Alfiani Indah Puspita Sari memanfaatkan blok aljabar daring sebagai alat bantu pembelajaran. Pembelajaran ini dilakukan pada hari Kamis (29/08/2024) di kelas IX D-F. Blok aljabar yang digunakan  bersumber dari Balai Besar Guru Penggerak Daerah Istimewa Yogyakarta (BBGP DIY) yang dapat diakses pada https://bbgpdiy.kemdikbud.go.id/lab/kaljabarsmp/.

Cara menggunakan blok aljabar untuk materi pemfaktoran bentuk kuadrat adalah dengan memodelkan bentuk kuadrat dengan blok yang sesuai, kemudian menyusun blok menjadi sebuah bangun datar berupa persegi dan persegi panjang. Proses penyusunan blok inilah yang membutuhkan kreativitas siswa. Setelah bangun datar terbentuk, ukuran panjang dan lebar dari bangun itulah yang merupakan faktor dari bentuk kuadrat.

Guru mengawali pembelajaran dengan melakukan demonstrasi mengenai cara menggunakan blok aljabar untuk memodelkan suatu bentuk kuadrat dan bagaimana cara mencari faktor-faktornya. Kemudian siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok yang beranggotakan empat orang. Setiap kelompok mengerjakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pemfaktoran bentuk kuadrat dengan bantuan  blok aljabar daring yang dioperasikan menggunakan handphone. Setelah itu, perwakilan kelompok mempresentasikan hasilnya di depan kelas. Tak lupa juga siswa dengan bimbingan guru mengambil kesimpulan tentang materi yang dipelajari pada hari tersebut.

Dengan visualisasi yang menarik, siswa dapat dengan mudah menyusun dan memanipulasi blok-blok aljabar virtual untuk menyelesaikan soal-soal pemfaktoran. Metode ini diharapkan dapat membuat pembelajaran matematika menjadi lebih interaktif dan menyenangkan, sehingga siswa tidak merasa bosan. "Blok aljabar daring ini sangat membantu siswa dalam memahami konsep abstrak seperti suku, variabel, dan koefisien. Mereka juga bisa melihat bagaimana cara memfaktorkan bentuk kuadrat secara visual," ujar Alfiani. (alf)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun