Mohon tunggu...
Anugerah Eka Yannudin
Anugerah Eka Yannudin Mohon Tunggu... -

Networking

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

All About MotoGP

30 September 2014   14:54 Diperbarui: 17 Juni 2015   22:57 3011
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
14122969061737642163

FUNGSI PUNUK PADA BAJU RIDER MOTO GP
Punuk yang menonojol pada rider moto gp ternyata mempunyai fungsi khusus tersendiri. Bisakah anda membayangkan bagaimana jika dipakai dalam sirkuit yang bersuhu panas. Evolusi baju moto gp pun dilakukan untuk mengurangi panas berlebih ketika baju digunakan. Evolusi baju balap moto gp pun dilengkapi dengan pendingin yang system kerjanya seperti radiator alias pendingin air.
System kerjanya memang mirip dengan radiator pada motor atau mobil, yakni memompa air mengelilingi ruang silinder demi menyerap panas dan kemudian didinginkan oleh kisi-kisi radiator yang terkena angin.
Untuk baju balap MotoGP, pemompa air berfungsi sebagai pendingin itu terletak pada bagian punggung. Pompa tersebut juga berfungsi menurunkan suhu air agar kembali dingin saat mengelilingi tubuh pembalap. Selang tersebut nantinya akan dipenuhi air sebagai pendingin itu tidak berada pada baju balap.
Sebelum menjalani race, setiap pembalap menggunakan rompi khusus yang nantinya di dalam rompi tersebut dihubungkan dengan pompa yang berada di bagian belakang baju balap, selain berisi pompa mini yang berfungsi sebagai pengalir air, “punuk” juga berisi air minum untuk pembalap. Bekal minum tersebut terhubung dengan helm agar sang rider mudah mengkomsumsi minum tersebut.
SAFETY DALAM MOTOGP
Kecepatan sepeda motor dalam balap MotoGP bisa mencapai 340 km/h. Maka dari itu dibuatlah aturan safety dalam MotoGP. Langkah awal untuk melakukan safety pada balap MotoGP adalah melakukan pengecekan pada sepeda motor pembalap yang akan dipakai apakah antara mesin dengan pengendara sudah sesuai atau tidak, dan juga ban yang dipakai sesuai dengan cuaca yang ada.
Pengendara juga memakai perlangkapan safety untuk dirinya sendiri yaitu, baju, sepatu boot khusus, helm khusus dan sarung tangan khusus. Semua safety tersebut dilakukan untuk menjaga keamanan dari sang rider ketika terjadinya kecelakaan ketika balapan dimulai dan mengurangi kecelakaan yang berakibat parah terhadap sang rider. Seperti halnya di sirkuit aragon kemarin, rider marquez dan dani pendrosa tidak menghiraukan terhadap keselamatannya. Ban yang seharusnya ganti agar sesuai dengan medan cuaca kemarin justru oleh rider marquez dan dani pedrosa tidak diganti. Oleh karena itu karena tidak memperhatikan safety maka mereka berdua pun terpeleset jatuh akibat jalan yang licin dan ban yang tidak sesuai. Maka dari itu safety itu lebih penting
BAJU RIDER, SEPATU BOOTS & SARUNG TANGAN
Perlindungan Bahan pakaian yang dikenakan oleh para rider MotoGP ini harus aerodinamis, kemudahan dalam bernafas, nyaman, tahan lama, fleksibel, ringan dan tahan air. Bahan yang cocok untuk mendukung semua syarat tersebut adalah berasal dari kulit kanguru yang lebih tahan, lebih fleksibel dan lebih ringan dari pada kulit sapi. Kulit kanguru ini bisa melindungi tubuh yang rentan terhadap dampak kecelakaan seperti bagian punggung, siku dan lututUntuk bagian punggung, bisa kita lihat pakaian tersebut mempunyai punuk seperti unta. Fungsi dari punuk tersebut adalah mensejajarkan punggung dengan helm yang digunakan sehingga leher rider tidak tertekuk ketika jatuh meluncur disirkuit.
Bagian dalam pakaian para rider MotoGP, menggunakan kombinasi bahan dari karbon, kevlar dan titanium yang didesain sedemikian rupa tanpa membuat rider merasa berat untuk mengenakannya. Berat total pakaian tersebut berkisar antara 3 kg sampai 3.5 kg. Selain pakaian yang dikenakan, ada setelan lagi untuk keselamatan rider ini, yaitu sepatu boots, sarung tangan dan knee sliders. Sepatu boots ini harus kuat namun fleksibel dan ringan sehingga tidak memberatkan rider dan juga untuk mengurangi resiko luka parah yang diakibatkan kecelakaan pada kecepatan yang tinggi.
Demikian pula pada sarung tangan, harus cukup ringan dan tidak menghalangi rasa pegangan pada setang. Resiko luka yang paling besar ada pada ibu jari, pergelangan tangan dan telapak tangan.Rider ini juga mengenakan knee sliders. Knee Sliders inilah yang melindungi lutut rider pada saat berbelok. Pada saat itu slider lutut ini akan menyentuh jalan sirkuit pada sudut 55o. Maka dari itu, alat ini lama kelamaan akan rusak, sehingga harus diganti setiap saat. Alat pelindung ini juga terpisah dari pakaian rider dan biasanya alat ini diganti hingga lebih 100 kali dalam satu musim.
Knee Slider ini terbuat dari bahan termoplastik.Termoplastik ini juga melapisi pakaian rider untuk menghindari penyerapan air pada kulit saat hujan. Dengan demikian pakaian tidak akan menjadi lebih berat karen serapan air ini.  Sistem Pendingin Baju rider ini dilengkapi dengan sistem pendingin untuk menjaga suhu internal (gak cuma motor nya aja...). Sistem pendingin yang ada dibalik pakaian rider ini menggunakan gel-cooled water (powered by ultra-lights batteries dan micra-pumps yang dimasukkan pada bagian punuk).
Selain itu, baju ini juga terdapat sistem komputer data akuisisi, dimana informasi yang dikumpulkan dapat digunakan oleh teknisi untuk menganalisa keadaan fisiologis pengendara pada saat pertandingan maupun latihan. Sensor yang dipasang pada baju pengendara ini berguna untuk menghitung atau mengukur titik tekanan, beban gravitasi, denyut nadi pengendara dan suhu tubuh. Sensor dapat merekam dampak kecelakaan yang dialami oleh rider sebagai informasi yang berguna untuk teknisi dalam mengupdate teknologi pakaian selanjutnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun