Mohon tunggu...
anugerahramadhani
anugerahramadhani Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Mahasiswa yang menjadi agen perubahan dan berintelektual

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Pembelajaran IPS Terpadu Menyelaraskan Materi dengan Kehidupan Sehari-hari

19 Desember 2024   22:07 Diperbarui: 19 Desember 2024   22:07 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Mata   pelajaran   IPS   merupakan   suatu   mata   pelajaran   yang   menggunakan pendekatan terpadu yang didalamnya memadukan empat bidang kajian yaitu ekonomi, sosiologi, geografi  dan  sejarah. Pembejaran terpadu dimaksudkan untuk memberikan pengalaman yang  bermakna  kepada  peserta  didik  dan  dalam  penyampaiannya  guru memilih tema atau topiktertentu,pendekatan pembelajaran ini memungkinkan peserta didik baik secara individual maupun kelompok aktif mencari, menggali dan menemukan konsep  serta  prinsip  secara  holistik dan otentik. Cara guru mengemas pembelajaran sangat berpengaruh pada   kebermaknaan   pengalaman   bagi   para   peserta   didik. Lingkungan   sekitar   sebagai   sumber   belajar   sangat   menguntungkan  bagi proses pembelajaran IPS, hal ini disebabkan karena  sumber  belajar  dekat  dengan  siswa, sehingga  siswa  lebih  mudah  dalam  proses  memahami  sumber  belajar.  Lingkungan mampu memberikan sebuah  gambaran  yang  sifatnya  holistik  dan  autentik,  kondisinya sangat   heterogenitas,   sehingga   menunjukkan   suatu   sumber   pembelajaran   yang memerlukan keterpaduan antar materi pembelajaran. Potensi lingkungan ini bisa berupa lingkungan   sosial,  ekonomi,   budaya   dan   geografi.   Mengkaitkan   kelas   dengan lingkungan   masyarakat   memberikan   banyak   kesempatan   kepada   siswa   untuk mempelajari kemampuan dasar untuk melakukan tindakan (action) di masyarakat dalam bentuk partisipasi.  Pembelajaran IPS Terpadu, Ilmu Pengetahuan Sosial dirumuskan atas dasar realitas dan fenomena sosial yang mewujudkan  suatu  pendekatan inter-disipliner dari  aspek   dan   cabang-cabang ilmu-ilmu  sosial   yaitu  sosiologi,  sejarah, geografi,  ekonomi,   politik,  hukum   dan budaya. geografi, sejarah dan antropologi merupakan disiplin ilmu yang mempunyai keterpaduan   yang   tinggi,  dimana   aspek-aspek   kehidupan   masyarakat   merupakan bidang   kajian dari  IPS, sehingga   dalam penyampaiannya  sebaiknya  secara  terpadu atau  terintegrasi,  agar  siswa  mendapatkan pemahaman yang bulat dari lingkungannya. Dengan pemahaman materi yang didapatkan oleh siswa, para siswa dapat mengakualisasikan ilmu yang didapatkan dengan mengaitkan kehidupan sehari-hari dan Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Mata Pelajaran sosiologi yang  didesain  sedemikian  rupa sehingga   menjadi   pokok   bahasan   atau topik/tema tertentu.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun