Mohon tunggu...
Antonius Duha
Antonius Duha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mendapat Edukasi Branding dan Strategi Pemasaran, Pemilik "Kedai Mama Nisa" Merasa Sangat Terbantu

4 September 2023   17:29 Diperbarui: 4 September 2023   17:50 261
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
"1" Foto produk Kedai Mama Nisa/Dokpri

"Mendapat edukasi Branding dan strategi pemasaran, pemilik kedai mama nisa merasa sangat terbantu''

Pemilik kedai mama nisa yang menjual produk makanan ringan atau snack merasa sangat terbantu karena mendapatkan edukasi tentang branding dan strategi pemasaran dari mahasiswa peserta kuliah kerja nyata tematik (KKN-T) Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo. meskipun pendampingan hanya dilakukan kurang dalam satu bulan, namun pemilik kedai cemilan tersebut merasakan perubahan mulai dari tampilan produk yang menarik, mendapatkan pasar baru, cara menawarkan produk, tampilan kedai, hingga omset yang diterima. 

Pelaksanaan edukasi dan pendampingan dilakukan oleh mahasiswa dengan cara mendatangi langsung kedai mama nisa yang berada di Dusun Duran Desa Karangpuri kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Mahasiswa peserta KKN tersebut tergabung dalam satu kelompok yaitu kelompok KKN 14 UMAHA, yangterdiri dari 26 peserta dari berbagi program studi serta didampingi oleh seorang Dosen sebagai pembimbing lapangan. Program tersebut menjadi salah satu Program kerja yang harus diselesaikan untuk masyarakat setempat yang bertujuan untuk meningkatkan dan pengembangan UMKM di Dusun Duran.

UMKM (Usaha Miikro, kecil dan menengah) merupakan suatu sebutan untuk kategori bisnis yang memiliki ciri-ciri tertentu berdasarkan skala operasional, aset, dan jumlah karyawan. UMKM menjadi bagian penting dari perekonomian suatu negara karena konstribusinya dalam menciptakan lapangan kerja, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan mendukung perkembangan berbagai sektor

UMKM biasanya memiliki peran yang signifikan dalam mendukung ekonomi lokal dan memungkinkan wirausaha untuk terlibat dalam aktifitas eknomi. Karena skala operasional yang lebih kecil, UMKM sering kali dihadapkan pada tantangan tertentu, termasuk sumber daya terbatas, akses kepasar terbatas, dan kebutuhan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif agar tetap bersaing dalam lingkungan bisnis yang kompetitif

Salah satu cara yang dapat membantu UMKM meningkatkan straetegi pemasaran mereka, seperti memahami target pasar, memanfaatkan pemasaran digital, kualitas kontenn yang unggul, fokus pada branding, penawaran dan promosi khusus, analisis dan penyesuaian.

Sebelum memutuskan malakukan edukasi, mahasiswa peserta KKN 14 UMAHA terlebihdahulu melakukan sosialisasi dengan UMKM Kedai Mama Nisa yang beralamatkan di Dusun Duran RT.4 RW.2 Desa Karangpuri Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo beliau berdiri sejak tahun 2015 hingga sekarang, masalah yang dihadapi oleh pemilik kedai tersebut adalah sangat sulit mendapatkan driver apabila ada pemesanan di aplikasi online karena di daerah tersebut sangat jarang sekali di lintasi oleh driver ojol. Akan tetapi pemilik kedai tersebut tidak patah semangat terus mencari solusi dalam permasalahan terssbut contohnya dengan memesan melalui whatsapp dan diantarkan di rumah konsumen dengan biaya gratis ongkir.

"1" Logo kedai Mama Nisa/Dokpri

Dengan itu kelompok KKN 14 Umaha membantu membranding usahannya dengan membuatkan banner di depan rumah sebagai identitas kalau beliau menjual jajanan camilan kekinian seperti kentng ulir, stik mozarella, burger, kebab dan banana roll, dan kami juga membuatkan stiker sebagai identitas atau pengenal untuk packing produk yang dijualnnya sehingga mudah dikenal oleh para konsumen.

"1" Foto produk Kedai Mama Nisa/Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun