Pembelajaran yang berkualitas merupakan suatu bentuk aktivitas belajar yang menghasilkan perubahan sikap, perilaku, dan keterampilan peserta didik (siswa) yang berdasar pada tujuan pendidikan itu sendiri.
Belajar adalah proses untuk merubah kearah yang lebih baik, dengan melalui belajarlah setiap orang akan memiliki perubahan dari tidak bisa menjadi bisa atau dari tidak tahu bisa menjadi orang yang pintar dan pandai.
Banyak aspek akan mengalami perubahan setelah terjadinya proses belajar seperti terjadinya perubahan pada aspek kepribadian baik fisik maupun psikis, keterampilan, kecakapan, kebiasaan, maupun sikapnya.
Pada saat berjalannya aktivitas belajar setiap peserta didik tentunya akan memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Gaya belajar ini, merupakan perpaduan antara bagaimana siswa menyerap dan kemudian mengatur serta mengolah informasi yang diterimannya.
Terdapat beragam gaya siswa yang terlihat ketika proses pembelajaran berlangsung, masing-masing siswa memperlihatkan karakternya tersendiri yang spontan sesuai dengan gaya dan kepribadiannya.
Ada 3 ragam gaya belajar siswa saat menerima pelajaran dan menyikapi proses pelaksanaan pembelajaran bersama gurunya, yaitu :
1. Gaya belajar visual
Salah satu ciri yang tergolong peserta didik dengan menggunakan gaya belajar visual ini, yaitu ia sangat menyukai dalam membaca buku dan memperhatikan ilustrasi yang diberikan oleh gurunya.
Mereka sangat cermat memperhatikan dan mengikuti proses pembelajaran yang diberikan oleh gurunya, terutama ketika seorang guru memberikan ilustrasi yang berbentuk gambar, pola dan bentuk lainnya.
Selain itu, siswa yang belajarnya bergaya visual memiliki kebiasaan berbicara tepat, rapi, dan teratur, teliti dan detail, mementingkan penampilan (seperti saat tampil atau pun presentasi), mengingat apa yang pernah dilihat, mudah mengingat dengan asosiasi visual, dan lebih suka membaca dari pada di bacakan orang lain Â