Mohon tunggu...
Humaniora Pilihan

Life is Art, Art is Cinematography

16 Mei 2016   21:35 Diperbarui: 18 Mei 2016   14:38 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Nama saya Anry Darmarullah, namun panggil saja nama saya dengan sapaan Anry, saya lahir di kota Samarinda 20 tahun silam tepatnya pada tanggal 6 September tahun 1995. Saya anak pertama dari pasangan Agus Aidil Usman dan Ana Rusniarmila. Saya memiliki 2 orang adik laki-laki. Adik saya yang pertama bernama Ardy Ferdian Ramadhan, saat ini ia sedang duduk dibangku Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Samarinda kelas 10, dan adik saya yang terakhir bernama Adly Syawal, adik saya yang terakhir ini masih duduk dibangku Sekolah Dasar (SD) Normal Islam Samarinda kelas 4.

 Saya dan keluarga saya memiliki kediaman di Jalan Damanhuri Perumahan Borneo 1 Blok KAV No 10 RT 64 Samarinda. Ayah saya bersuku Bugis dan ibu saya bersuku Banjar, sehari-hari saya lebih nyaman untuk menggunakan bahasa Banjar dalam setiap komunikasi yang saya lakukan kepada orang-orang disekitar lingkungan saya. Banyak yang bilang saya adalah orang yang humoris, yang dapat mengundang tawa disetiap celetuk atau omongan yang saya keluarkan. Ada yang pernah mengatakan ke saya bahwa hidup itu jangan terlalu dibawa serius, terkadang kita membutuhkan sedikit guyonan untuk mengurangi ketegangan yang ada.

Di tahun 2000 saya sudah masuk ke bangku Taman Kanak-Kanak Darma Bahagia selama 1 tahun. Di tahun 2001 saya kemudian melanjutkan ke bangku Sekolah Dasar (SD) 018 Antasari Samarinda dan lulus ditahun 2007, tahun 2007 saya masuk ke jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Samarinda dan berhasil lulus di tahun 2010. Setelah lulus SMP, saya kemudian melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, yakni Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Samarinda dan memilih untuk mengambil jurusan TKJ. Setelah 3 tahun bersekolah di kejuruan akhirnya saya menerima ijazah dan dinyatakan lulus di tahun 2013. Saat ini saya masih berstatus sebagai mahasiswa tingkat akhir di salah satu perguruan tinggi negeri yang cukup terkenal di kota Samarinda yaitu Universitas Mulawarman. Saya masih aktif mengikuti kegiatan kuliah di semester 6 jurusan Ilmu Komunikasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Saat ini saya sedang mengembangkan kemampuan saya dibidang sinematografi, awal mula saya masuk ke dunia yang menghubungkan antara perfilman dan fotografi ini adalah pada saat saya direkrut oleh salah satu vendor di Samarinda yang bergerak di bidang Wedding Photography. Awalnya saya hanya dipercaya untuk mengambil momen-momen penting dalam acara pernikahan orang untuk kemudian dijadikan dokumentasi dan disaksikan dalam bentuk Cinematic. Namun entah mengapa pimpinan saya pada saat itu semakin mempercayai saya untuk menjadi editor dalam setiap Cinematic Wedding. Kesempatan yang diberikan kepada saya pada saat itu pun tak lantas membuat saya semakin berfikir keras untuk dapat menjadikan pekerjaan yang saya miliki ini sebagai tempat untuk mengasah kemampuan pula. Bagi saya, sebuah kemampuan jika tidak terus diasah dengan latihan maka akan dirasa percuma. Semakin banyak saya berlatih maka itu akan semakin membuat diri saya mengeksplor apa yang saya miliki.

Saya merasa kegemaran saya terjun ke dalam dunia sinematografi ini semakin didukung semenjak saya masuk perkuliahan di semester 5 dan semester 6. 2 semester tersebut merupakan semester yang memberikan saya kesempatan untuk banyak belajar mengenai dunia film melalui tugas-tugas yang diberikan oleh dosen saya, sudah cukup banyak film yang saya hasilkan melalui tugas-tugas kuliah tersebut, bahkan tidak hanya tugas kuliah saya sendiri saja, tugas kuliah film milik jurusan lain pun ada beberapa yang saya hasilkan. Karena saya merasa memiliki kemampuan yang lumayan dalam bidang editing video, dan pengambilan gambar, tak urung hal tersebut membuat banyak teman saya dari jurusan yang sama namun berbeda kelas meminta pertolongan kepada saya untuk membantu proses pembuatan tugas mereka. 

Anehnya, saya malah merasa senang dan tidak merasa direpotkan sedikitpun, saya merasa bangga dan merasa sangat diapresiasi, artinya mereka yakin bahwa hasil-hasil yang sudah saya hasilkan memang baik dan sesuai dengan yang mereka kehendaki, bahkan hal itu semakin sering membuat mereka datang ke saya setiap ada tugas yang berkaitan dengan editing video, dan lain sebagainya. Perlu untuk diketahui bahwa saya menyukai kerja dibelakang layar, bukan didepan layar, saya bukan tipe orang yang pandai untuk menunjukkan siapa sebenarnya diri saya melalui kata-kata, saya lebih suka menunjukkan siapa sebenarnya diri saya melalui hasil kerja saya yang nantinya akan dinilai dan dilihat oleh orang lain. Karena bagi saya, orang lain lah yang dapat menilai diri saya itu seperti apa melalui hasil keja yang telah saya buat.

Selain hobi mengedit video, saya juga menggemari hal-hal yang dapat memberikan saya sebuah inspirasi baru, misalnya saja seperti menonton film-film yang cukup terkenal, saya menyukai film-film yang bergenre action dari Marvel dan DC, khususnya untuk tokoh Spider-Man dan Flash, selain menyukai film-film bergenre action, saya juga menyukai tokoh-tokoh dari cerita fiksi yang bertemakan misteri seperti Sherlock Holmes dan James Bond 007, saya pun menggemari film karya anak bangsa seperti film-film komedi yang dibintangi oleh Raditya Dika dan para Komika Indonesia. Selain menonton film saya juga suka membaca komik Detective Conan. Semua yang saya sebutkan diatas tadi selain dapat menyegarkan fikiran. Kegiatan nonton film bagi saya juga dapat memberikan saya pengetahuan baru mengenai cara atau teknik pengambilan gambar dan pengeditan video, dari situ saya dapat mempelajari tentang 1 hal, bahwa sesungguhnya pengetahuan itu tidak melulu didapatkan hanya di tempat belajar yang formal saja, sembari menyegarkan fikiran pun saya juga dapat mempelajari banyak hal, dan hal itu membentuk sebuah keyakinan bagi saya. Bahwasanya ilmu dapat kita terima dimana saja dan kapan saja tanpa harus terikat di satu tempat. Saya juga memiliki kegemaran lain dibidang olahraga yakni Bulutangkis. Saya sering bermain bulutangkis dengan teman-teman 1 kuliah saya atau bahkan dengan teman-teman lama saya. Jadi ada 2 keuntungan yang saya dapatkan melalui hobi bermain bulutangkis ini, yaitu silaturahmi yang terus berjalan dan juga kebugaran tubuh.

Selain kuliah saat ini saya juga sedang menjalani kegiatan magang di salah satu perusahaan telekomunikasi yang cukup besar untuk 3 bulan kedepan. Niat awal saya mengikuti magang paruh waktu ini hanyalah untuk mencari pengalaman dan net working agar lebih luas lagi saja, selain itu juga untuk mengisi waktu luang sembari menunggu waktu KKN (Kuliah Kerja Nyata) datang. Harapan saya untuk kedepannya saat ini hanyalah, saya ingin sesegera mungkin mnyelesaikan studi S1 saya, setelah itu saya dapat bekerja di bidang pemerintahan. 

Entah sejak kapan saya memiliki keinginan untuk berprofesi sebagai salah seorang pegawai di bidang pemerintahan, walaupun saya memiliki hobi dan kegemaran didunia sinematografi, namun hal itu tidak membuat saya tertarik untuk menjadikannya sebagai pekerjaan utama, akan tetapi, walaupun kelak saya memiliki pekerjaan yang tidak ada hubungannya dengan dunia sinematografi, kegemaran saya tersebut akan terus saya asah dan tidak akan saya biarkan menguap begitu saja. Saat ini pula saya sedang menjalani hidup dengan berpegang teguh pada pendirian saya yaitu, “Gunakanlah selalu logikamu, jangan pernah mau untuk dibodohi atau dimanfaatkan oleh orang lain, orang pintar akan selalu memiliki cara untuk dapat membuat hidupnya berarti”.

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun