Anna Fara

Mbolang di Jogja

31 Juli 2011   08:31 Diperbarui: 26 Juni 2015   03:13 418
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sekitar tanggal18 juli’11 kemarin, aku dan temenku tau-tau udah ada di jogja. Aku nggak nyangka banget bisa menampakkan kaki disana, padahal kita cuma 2 orang. Cewek-cewek pula. Nyampe sana sekitar jam 6 malem.maklum aku berangkat jam 12 siang dari kertosono, Nganjuk. Kita turun diterminal dan shalat maghrib disana. Ada seorang tukang becak yang mau nawarin penginapan sampai ngajak jalan-jalan keliling Jogja. Aku dan temenku itu memutuskan buat jalan kaki aja. Kita nggak tahu tempat mana yang kita tuju, mana penyewaan penginepan. Malu bertanya sesat di jalan emang berlaku disini, kalo kamu malu tanya, siap-siap aja nyasar. Kita jalan jauh banget sampae nyasar di gang-gang kecil. Kelelahan habis naik bis sekitar 5 jam trus jalan kaki jauh banget, kita memutuskan buat makan malem. Lumayan murah juga, Kedai pinggir jalan yang rame dikunjungi orang. Ber-2 Cuma Rp.15 ribu aja. Udah dapet gudeg, makanan khas Jogja dan sepotong daging sapi plus Es Teh tentunya.

Orang Jogja emang ramah banget, kita yang gak tahu arah dikasih tahu kayak petugas Bus Trans-Jogja. Naek bus trans murah juga, dengan 3ribu, kita udah bisa keliling kota Jojga yang penuh dengan budaya itu. Akhirnya, kita nyampe di Malioboro, Jalan dengan sejuta keramaian disana. Lagi-lagi ada yang menawarkan penginapan buat kita. Aku nurut aja diajak nyari penginepan yang paling murah. Maklum kantong mahasiswa. Kita dapet dengan harga 90rb/12 jam. Kalo aja kita datenganya gak terlalu malem kita pasti dapet penginepan yang harganya jauh lebih murah dari itu.

Istirahat sebentar kira-kira 15 menit, aku dan temenku masuk di keramaian jalan Malioboro. Makanan dan minuman yang dijual disini lumayan mahal sekitar 10rb keatas. Untung kita udah makan. Kalo mau belanja, harus pandai-pandai nawar. Kalo gak, kamu yang akan rugi sendiri. Kayak waktu itu, aku beli tas harganya 55ribu, dapetnya cuma 20ribu. Nggak Cuma itu aja, sandal, celana batik, baju batik, dan semua asesoris. Kalo mau beli baju batik, aku sarankan beli di toko yang harganya pas aja. Daripada kamu beli mahal dan kualitasnya nggak terlalu baik. Malioboro ini sepi pengunjung sekitar jam 11-12 malem. Aktivitasnya udah banyak yang berhenti. Maklum dari pagi sampe malem lagi buruh istirahat juga. Banyak anak muda yang nongkrong dipinggir jalan untuk sekedar menikmati keindahan malam.

Keesokan harinya sebelum cek out, aku mau jalan-jalan ke Kraton Jogja. Lagi-lagi bus Trans-Jogja yang membantu. Tapi kita kesasar jauh banget. Tapi gak apa, masih ada Trans-Jogja. Dari taman pintar, aku turun, jalan kaki lumayan jauh banget. Tapi ada tukang becak yang mengantar, kita diajak keliling ke pusat oleh-oleh khas Jogja kayak kaos Dagadu, Bakpia, dan pakaian batik.

Memasuki area kraton, ada karcis khusus turis asing dan dalam negeri. Cukup murah, dengan 5ribu kita udah bisa masuk kraton jogja dengan ditemani guide. Kraton Jogja masih sama seperti dulu, ada bale-bale, batik, silsilah kerajaan dll. Juga para abdi dalem yang memainkan music khas tradisional Jawa (Gamelan). Tapi aku sangat miris melihat yang dateng turis asing. Mereka semangat belajar budaya kita, sementara para kawula muda sibuk mengabaikannya. Aku jadi malu karena nggak bisa memainkan gamelan itu, tapi suatu saat nanti aku pasti bisa.

Sekitar jam 12 siang, aku cek out dan menjinjing seluruh bawaanku, lalu bertolak ke Candi Prambanan. Seperti biasa dengan Trans-Jogja. Lumayan jauh dari kota. Aku terpesona melihat candi yang begitu megahnya. Selain itu, kita juga menyempatkan diri buat narsis. Lagi-lagi, banyak turis asing, sedangkan turis local sedikit sekali. Aku juga maklum karena itu bukan hari libur.

Habis maghrib, kita berlanjut ke stasiun yang namanya Stasiun Lempuyangan, stasiun ini khusus buak kelas ekonomi. Kalo yang kelas Eksekutif dan Bisnis ada di stasiun tugu. Dengan Trangs-Jogja kita beranjak kesana. Kita akan pulang malem itu juga.Ternyata, loketnya baru buka sekitar jam 9 malem. Kita nunggu sekirat 1 jam di stasiun lempuyangan dan mengisi perut disana. Kereta jadwal keberangkatan jam 21.22 tapi telat 1 jam. Alhasil, kita menunggu kayak orang ilang. Hehehe.. Naik kereta dengan harga tiket 31ribu, aku berharap sampai di stasiun kertosono pagi dan langsung bisa pulang. Kereta dari tujuan pasar Senen ke Wonokromo itu penuh tapi untungnya aku dapet tempat duduk.Aku nggak bisa tidur, karena banyaknya orang disana. Berbeda dengan temanku yang tidur pulas. Mungkin dia terlalu capek berjalan. Akhirnya sampai di Stasiun Kertosono jam 2 malem. Kita jadi gembel disana. Walaupun udah ditawari tukang becak untuk ngenter, kita tetep nolak dan memutuskan buat nunggu pagi. Aku ngobrol sepanjang waktu dan tak terasa udah pagi dan bersiap pulang.

Satu hal yang aku dapet pelajaran dari mbolang kali ini, yang pertama cari uang itu susah banget, tukang becak kerja keras memeras keringat dari pagi sampai tengah malem hanya untuk sesuap nasi. Yang kedua adalah kita harus cinta budaya bangsa dan melestarikannya. Jangan sampai kalah sama turis asing. Walaupun kaki capek badan juga capek tapi aku puas liburan ke Jogja walaupun cuma sebentar. Jogja, aku akan kembali untukmu.