Mohon tunggu...
Annisa Fitri K
Annisa Fitri K Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah '21

UIN Raden Mas Said Surakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Review Jurnal "Analisis Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Sahabat Difabel di Surakarta"

23 Oktober 2023   16:31 Diperbarui: 23 Oktober 2023   16:40 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

TUGAS SOSIOLOGI HUKUM REVIEW JURNAL "ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MAHASISWA SAHABAT DIFABEL DI SURAKARTA"

Judul Jurnal                      : Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Sahabat Difabel Di Surakarta

Jurnal                                  : JOTE: Journal On Teacher Education

Volume & Halaman      : Volume 3 Nomor 2 & Halaman 200-212

Tahun                                : 2022

Penulis                              : Hery Setiyatna, Muhammad Julijanto, dan Susilo Surahman

Reviewer                          : Annisa' Fitri Kamila/ 212111337

Hasil Review                  : Dari artikel jurnal ini didapatkan isi bahwa status sebagai mahasiswa pada dasarnya berada pada jarak usia dewasa dini, dimana secara psikologis seseorang pada tahap tersebut dituntut untuk bisa mandiri dan bisa memecahkan problemnya sendiri. Salah satu tanggung jawab yang harus dipenuhi sebagai mahasiswa yaitu bisa mengembangkan potensi diri sebagai bekal tahap selanjutnya melalui kesuksesan dalam menamatkan studi. Prestasi belajar menjadi salah satu aspek yang berperan dalam hal tersebut. Prestasi belajar juga terkait dengan keberhasilan sebagai standar tertentu berkenaan dengan penguasaan suatu ilmu dan pengetahuan. Peningkatan maupun penurunan prestasi belajar dapat disebabkan oleh beberapa faktor keadaan fisiologis. Disabilitas berpotensi rentan dengan hal ini. Sehingga diperlukan aksi yang nyata untuk 'membantu' proses belajar kelompok disabilitas. Dalam area perguruan tinggi, dibutuhkan sarana dalam mendukung mekanisme belajar penyandang disabilitas.

Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dalam artikel jurnal ini didapatkan bahwa menjadi sahabat difabel secara signifikan mempunyai peranan terhadap prestasi belajar mahasiswa sebesar 79%. Sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Signifikansi terhadap prestasi belajar ini meliputi variabel motivasi; kesadaran diri; lingkungan; komunikasi; dan kedekatan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun