Mohon tunggu...
Annisa Widyast
Annisa Widyast Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Halo, saya mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Aktif Anak dalam Pembelajaran menurut Perspektif Lev Vygotsky

10 November 2024   19:15 Diperbarui: 10 November 2024   19:18 36
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Peran anak dalam pembelajaran sangat penting. Siswa memiliki kesempatan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka pelajari dalam situasi dunia nyata ketika mereka terlibat aktif dalam pembelajaran. Aktivitas interaktif meningkatkan koneksi otak dan meningkatkan kemampuan siswa untuk mengingat dan mengingat kembali informasi. Terdapat beberapa peran aktif anak dalam pembelajaran menurut perspektif Lev Vygotsky, diantaranya:

1. Interaksi Sosial 

Interaksi sosial menurut Vygotsky sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Anak belajar dari interaksi dengan orang lain melalui dialog serta kolaborasi.

2. Zona Perkembangan Proksimal (Zone od Proximal Development)

ZPD yaitu jarak antara perkembangan aktual dan perkembangan potensial. Tingkat perkembangan aktual tampak dari kemampuan seseorang untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapinya atau sejumlah tugas.

3. Scaffolding

Scaffolding adalah pendekatan pembelajaran yang membantu siswa sesuai dengan kemampuan kognitifnya. Guru akan memberikan lebih banyak bimbingan kepada siswa yang mengalami kesulitan, dan menguranginya ketika siswa sudah mampu menyelesaikan tugasnya sendiri.

4. Peran Guru dan Teman Sebaya

Peran guru juga sangat penting untuk keaktifan anak dalam pembelajaran. Guru sebagai fasilitator yang membantu mengarahkan proses belajar anak, sedangkan peran teman sebaya juga dibutuhkan untuk mendukung keaktifan anak. 

5. Pembelajaran Kooperatif

Vygotsky mendorong pembelajaran kooperatif di mana anak-anak membentuk kelompok untuk memecahkan suatu masalah yang diberikan oleh fasilitator atau guru. Pembelajaran ini guna mempercepat proses pembelajaran anak serta perkembangan kognitif anak dikarenakan anak-anak dapat saling berbagi serta membantu satu sama lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun