Mohon tunggu...
AnnisaAp
AnnisaAp Mohon Tunggu... Animator - ojo kepo

ojo kepo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengenal Karakteristik Kompetensi Guru di Sekolah Inklusi

8 Juli 2021   21:30 Diperbarui: 10 Juli 2021   09:18 331
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Nama : Annisatul Mufidah

Nim : 181330000341

Kelas : 6 PGSD A3

Kompetensi dapat diartikan sebagai sebuah kecakapan atau kemampuan. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Nana Sudjana dalam (Janawi,2012) bahwasannya kompetensi adalah suatu kemampuan dasar yang dimiliki oleh seseorang yang berkenaan dengan tugasnya. Sebagai seorang guru mempunyai tugas yang harus dimiliki adalah keahlian sesuai dengan ahlinya dan keterampilan dalam proses belajar mengajar. Agar dapat memiliki kompetensi yang sesuai dengan yang diinginkan, tentu harus dilandasi dengan pengetahuan-pengetahuan yang mendalam.

Pengertian Kompetensi Guru Sekolah Inklusi Kompetensi guru inklusif adalah kemampuan guru dalam mendidik peserta didik berkebutuhan khusus (ABK), dan untuk mendidik peserta didik berkebutuhan khusus (ABK) jenis tertentu dalam bentuk : menyusun instrument assesmen pendidikan khusus, melaksanakan pendampingan untuk Pendidikan berkebutuhan khusus, memberikan bantuan layanan khusus, memberikan bimbingan secara berkesinambungan untuk anak berkebutuhan khusus, memberikan bantuan kepada siswa yang berkebutuhan khusus (Mudjito dkk, 2021; 54).

Dalam pedoman umum sekolah inklusif, Mudjito dkk (2012: 62-52) menyatakan bahwa kompetensi guru inklusif selain dilandasi oleh empat kompetensi utama (kompetensi pendagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi social, dan kompetensi profesional).

Secara khusus karakteristik guru inklusijuga berorientasi pada kemampuan utama lain, yaitu kemampuan umum (general ability) dan kemampuan dasar (basic ability).

Daftar Pustaka
Anggriana, Tyas Martika. 2016. Kompetensi Guru Pendamping Siswa ABK Di Sekolah Dasar.
Agustin, Leonita Dwi. 2014. Pemahaman Pedagogik Guru dalam Mengajar Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Provitae Jurnal Psikologi Pendidikan. Vol. 6 (1).
Mulyanto, T. Y. 2010. Pedoman penyelenggaraan pendidikan inklusif di Provinsi DKI Jakarta. Makalah disampaikan dalam seminar “Pendidikan Inklusif di Jakarta”, Jakarta, Juni 2010.

Guna memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan inklusi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun