Belajar Seni Budaya Jadi Seru dengan Fun N Art!
Pernahkah kamu mendengar pembelajaran Seni Budaya yang membuat siswa tertawa, bermain, sekaligus belajar? Itulah pengalaman yang saya temukan ketika mencoba metode Fun N Art di kelas 7 SMP. Sebagai seorang guru, saya ingin memastikan pembelajaran Seni Budaya bukan hanya tentang hafalan, tapi juga pengalaman yang tak terlupakan. Dengan Kurikulum Merdeka sebagai landasan, saya mencoba menciptakan suasana belajar yang baru, segar, dan menyenangkan.
Awal Mula Ide Fun N Art
Ide ini muncul saat saya membaca tentang Kurikulum Merdeka yang mendorong kreativitas dan pembelajaran berpusat pada siswa. Saya berpikir, "Bagaimana jika Seni Budaya menjadi mata pelajaran yang paling ditunggu-tunggu siswa?" Dari sana, lahirlah konsep Fun N Art, sebuah pendekatan yang menggabungkan hiburan dan seni. Dengan metode ini, siswa diajak belajar sambil bermain.
Hari Pertama: Pengenalan Tema dengan Cerita
Hari pertama saya memperkenalkan metode ini, saya memulai dengan cerita. Saya membawa gambar-gambar menarik dan memutarkan video pendek yang menggugah rasa ingin tahu siswa. Tema yang kami angkat hari itu adalah "Keindahan Alam dalam Seni". Siswa terlihat antusias, dan suasana kelas langsung berubah ceria.
Eksplorasi Seni: Saatnya Berkarya!
Setelah itu, saya memberikan siswa kesempatan untuk mencoba berbagai teknik seni. Ada yang melukis, menggambar, hingga membuat kerajinan tangan sederhana dari bahan daur ulang. Salah satu siswa, Rani, dengan bangga menunjukkan hasil lukisannya, "Bu, saya baru pertama kali mencoba, tapi ternyata melukis itu seru sekali!"
Selanjutnya, kolaborasi yang Menginspirasi....... :)
Bagian favorit saya adalah saat siswa bekerja dalam kelompok. Mereka berbagi ide, saling membantu, dan menyelesaikan proyek bersama. Ada kelompok yang membuat mural kecil, ada juga yang merancang model mini dari tanah liat. Momen ini memperlihatkan betapa pentingnya kerja sama dalam seni dan kehidupan.
Di akhir sesi, setiap kelompok mempresentasikan hasil karya mereka. Siswa lain memberikan komentar positif, dan kami semua belajar bersama. Saya pun bertanya kepada mereka, "Apa yang kalian rasakan setelah belajar dengan cara ini?" Jawabannya hampir seragam: mereka merasa senang, kreatif, dan lebih memahami materi.