Mohon tunggu...
Annisa Shafa Praniardany
Annisa Shafa Praniardany Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Antropologi Universitas Sebelas Maret

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Program Sekolah Penggerak sebagai Upaya Mewujudkan Indonesia Maju

12 Juni 2022   07:19 Diperbarui: 12 Juni 2022   07:21 438
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Bagaimana sih suatu negara itu bisa dikatakan sebagai negara maju? 

Salah satu indikator suatu negara dapat dikatakan maju adalah bisa dilihat dari kualitas tingkat pendidikan yang dimiliki oleh negara tersebut. Maka dari itu perlu adanya upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia agar bisa mewujudkan Indonesia sebagai negara maju.  Di era sekarang ini, pendidikan merupakan salah satu hal yang paling mendasar dan sangat penting untuk menentukan serta melakukan penilaian terhadap suatu negara apakah negara tersebut bisa dikatakan maju atau tidak. Esensi pendidikan yaitu adanya perubahan untuk mewujudkan cita-cita pendidikan Indonesia.

Pada tahun 2021, berdasarkan data dari Word Population Review, kualitas pendidikan negara Indonesia masih dibilang cukup rendah jika dibandingkan dengan negara lain, yaitu berada pada peringkat 54 dari 78 negara di dunia yang masuk pada pemeringkatan tersebut. Banyak faktor yang menjadi penyebab kurangnnya kualitas pendidikan Indonesia, salah satunya adalah rendahnya kualitas tenaga pendidik atau guru. Selain itu juga terdapat banyak permasalahan yang terjadi dalam dunia pendidikan di Indonesa antara lain, terbatasnya jumlah guru yang terampil karena kurangnya pelatihan atau pendampingan, tidak memadainya sarana dan prasarana yang ada, pembelajaran yang kurang inovatif sebagai akibat dari guru yang kurang terampil tadi, serta masih banyak lagi. Langkah awal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia adalah dengan terlebih dahulu membenahi dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang ada menjadi lebih baik dan unggul, sebab SDM yang unggul merupakan aset yang berharga bagi negara Indonesia dalam membangun suatu negara yang maju dan berkualitas.

Nah, salah satu langkah yang dapat ditempuh adalah melalui Program Sekolah Penggerak. Sekolah Penggerak merupakan program yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Nadiem Anwar Makariem yang terdapat pada Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 371/M/2021. Program Sekolah Penggerak tersebut memiliki tujuan untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia yaitu mewujudkan negara Indonesia menjadi negara maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian yaitu melalui terciptanya Pelajar Pancasila. Nah, fokus dari Sekolah Penggerak ini adalah menciptakan SDM yang unggul yaitu kepala sekolah dan guru yang bertujuan untuk mengembangkan hasil belajar peserta didik yang nantinya dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Program Sekolah Penggerak ini diciptakan untuk menyempurnakan program-program transformasi sekolah sebelumnya yang diharapkan dapat menciptkan transformasi pendidikan sehingga bisa terjadi perubahan secara luas dan bisa menciptakan profil Pelajar Pancasila.

Pada Program Sekolah Penggerak tersebut, terdapat berbagai cara yang dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas SDM sekolah, baik kepala sekolah, tenaga pendidik, maupun tenaga kependidikan. Dimulai dari pemimpin sekolah, yaitu kepala sekolah sebagai seorang pemimpin dalam setiap satuan pendidikan yang ada di setiap sekolah di Indonesia yang bertugas menggerakkan sekolah yang apabila memiliki kualitas yang bagus, bisa menjadi coach yang baik, maka kualitas ekosistem yang terdapat di sekolah seperti guru pasti juga akan lebih maju dan bisa melakukan transformasi dan inovasi pada dunia pendidikan. Lalu dengan adanya guru yang memiliki kualitas baik pasti akan mampu mengembangkan berbagai materi pelajaran dengan kreatif dan inovatif atau bahkan bisa menciptakan inovasi pembelajaran yang baru dan menarik, yang pada akhirnya akan menghasilkan pula peserta didik yang memiliki profil Pelajar Pancasila dan berkualitas unggul.

Upaya yang dilakukan untuk memperbaiki kualitas SDM sekolah adalah dengan melakukan pelatihan dan pendampingan untuk kepala sekolah, pengawas, maupun guru serta melakukan implementasi teknologi sebagai upaya meningkatkan keterampilan dalam penguasaan teknologi yang pada abad 21 ini sangat diperlukan dalam dunia pendidikan. Selain itu, untuk meningkatkan kualitas SDM, guru juga bisa menciptakan pembelajaran dengan paradigma baru yaitu pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Di era teknologi saat ini, perlu adanya inovasi model pembelajaran yang lebih interaktif. Metode pembelajaran yang cocok digunakan pada saat ini adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa atau Student Centered  Learning (SCL). Metode tersebut dinilai sangat cocok untuk meningkatkan kualitas peserta didik dikarenakan dalam proses pembelajarannya menuntut siswa untuk lebih aktif dan mandiri. Metode tersebut juga dinilai efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik menjadi lebih optimal. Banyak juga model pembelajaran yang bisa diguanakan untuk menstimulus keaktifan, daya berpikir, serta keterampilan peserta didik. Dalam paradigma baru dalam pembelajaran, Sekolah Penggerak ini  memiliki program intrakulikuler yang dapat meningkatkan kemampuan akademik peserta didik dan dan program kokulikuler yang mana peserta didik diharapkan dapat dengan mudah memahami berbagai materi yang dipelajari.

Nah, dapat disimpulkan dengan adanya Program Sekolah Penggerak tersebut dapat menjadi sebuah upaya dalam mewujudkan perubahan pendidikan dan menjadikan negara Indonesia sebagai negara maju yang mana program tersebut dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak dapat menciptakan kualitas SDM yang lebih unggul, dan dapat mewujudkan transformasi kualitas pendidikan di Indonesia ke arah yang lebih baik. Selain itu, Program Sekolah Penggerak dapat mengatasi permasalahan pendidikan yang ada, yaitu dapat meningkatkan kompetensi kepala sekolah dan para tenaga pendidik, menciptakan pembelajaran yang lebih inovatif, menarik, dan menyenangkan, serta menghasilkan peserta didik yang berkualitas unggul. Dengan memiliki SDM yang berkualitas unggul maka akan menghasilkan kualitas pendidikan yang unggul pula, yang pada akhirnya dapat mewujudkan Indonesia maju.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun