Mohon tunggu...
Annisa Sari
Annisa Sari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

keep trying

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pendidikan Lebih Menarik dan Efisien dengan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi

11 April 2023   21:11 Diperbarui: 11 April 2023   21:31 732
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan merupakan suatu tindakan yang dilakukan secara sadar dan merupakan proses yang dilakukan guna meningkatkan, mengubah, dan memperbaiki akhlak serta pengetahuan seseorang atau sekelompok orang yang bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan manusia melalui kegiatan pembelajaran. Seiring berkembangnya teknologi, dunia pendidikan juga mengalami perubahan dan perkembangan di zaman yang serba teknologi ini. Saat ini pendidikan juga disiapkan untuk generasi muda agar mampu bertahan dan mampu beradaptasi pada dunia teknologi.

Lalu untuk mempersiapkan hal tersebut pendidikan perlu melakukan perubahan dalam media pembelajaran. Media pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran, karena media pembelajaran berguna untuk membantu meningkatkan wawasan serta memberikan pengetahuan kepada siswa. Dengan menggunakan media pembelajaran dapat membuat minat siswa terhadap materi pembelajaran menjadi meningkat sehingga materi yang disampaikan oleh guru dapat diterima dan dipahami dengan baik oleh siswa.

Karena saat ini teknologi sudah semakin canggih dan berkembang dengan pesat, maka media pembelajaran yang perlu diterapkan di sekolah-sekolah sudah harus berbasis teknologi. Hal tersebut dilakukan agar para siswa dapat beradaptasi dan mempersiapkan keterampilan yang akan dibutuhkan di masa yang akan datang.

Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi

Media pembelajaran adalah salah satu alat yang digunakan oleh para pengajar sebagai penyampaian materi pembelajaran, meningkatkan kreativitas siswa, dan meningkatkan ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran dapat menumbuhkan sikap posistif siswa terhadap materi sehingga siswa dapat lebih termotivasi untuk belajar. Dengan menerapkan media pembelajaran yang berbasis teknologi dapat membuat proses pembelajaran lebih efisien dan efektif, karena dengan teknologi semua dapat dilakukan dengan praktis. Visualisasi yang lebih menarik juga dapat membuat pemahaman materi menjadi lebih mudah.

Kelebihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi

Kelebihan yang didapat dari pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi ini adalah:

  • Dapat membuat siswa belajar secara mandiri. Dengan adanya teknologi segala informasi bisa didapatkan dengan mudah dan cepat. Dalam hal ini pengajar tidak perlu untuk menjelaskan materi secara rinci, cukup memberikan perintah kepada siswa untuk mencari dan akses materi melalui website.
  • Waktu dan tempat belajar yang fleksibel. Dengan memanfaatkan teknologi semua aktivitas pembelajaran dapat dilaksanakan kapanpun, dan dimanapun.
  • Memberikan pengetahuan yang luas kepada siswa. Ada berbagai pembahasan yang sifatnya global di laman internet serta kemudahan akses internet dapat menambah pengetahuan siswa dan memberikan pembelajaran yang baru untuk dipelajari.
  • Sumber belajar menjadi bertambah dan beban tenaga pengajar dapat berkurang. Jadi pengetahuan dan pembelajaran yang siswa dapatkan tidak hanya melalui guru saja, melainkan dengan bantuan teknologi dan internet dapat dijadikan sebagai sumber belajar tambahan.
  • Membantu proses interaksi antara guru dengan siswa. Meskipun guru sedang berhalangan hadir untuk memberikan materi pembelajaran, kegiatan belajar mengajar tetap bisa dilaksanakan dengan melakukan interaksi yang disebut asinkronuous melalui perantara media internet.
  • Pengaturan proses belajar menjadi lebih efektif. Dalam hal ini media pembelajaran berbasis teknologi dapat memenuhi kebutuhan siswa dan dapat memudahkan guru untuk memberikan materi pembelajaran baik secara langsung maupun tidak langsung.

Kekurangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi

Selain memiliki kelebihan, media pembelajaran berbasis teknologi juga memiliki kekurangan diantaranya yaitu:

  • Penyalahgunaan teknologi oleh peserta didik. Terkadang siswa memanfaatkan teknologi untuk kebutuhannya sendiri seperti bermain game atau bermain di sosial media. Dimana hal tersebut dianggap menarik dan dapat menghibur bagi siswa.
  • Susah untuk diakses. Dalam hal ini penyebab susahnya mengakses media internet adalah dikarenakan kendala sinyal atau jaringan, sehingga susah untuk melakukan browsing dan menyebabkan rasa tidak nyaman bagi siswa
  • Tidak semua guru melek terhadap teknologi. Saat ini masih banyak tenaga pendidik yang belum terlalu paham dan ahli dalam mengoperasikan teknologi. Banyak tenaga pendidik yang lebih memilih cara manual dibandingkan melalui media perantara secara online atau digital
  • Guru tidak bisa mengatur batasan akses pembelajaran, sehingga sering disalahgunakan oleh siswa.

Jenis- Jenis Media Pembelajaran Berbasis Teknologi

Ada berbagai macam jenis media pembelajaran berteknologi digital yang dapat dimanfaatkan oleh guru, diantaranya sebagai berikut:

  • Multimedia Interaktif

Multimedia dapat didefinisikan sebagai sebuah gabungan berbagai media seperti teks, gambar, suara, animasi, video, dan lain sebagainya dengan menggunakan alat seperti komputer  ataupun perangkat elektronik lainnya. Jadi media pembelajaran yang dipakai menggunakan gabungan dari beberapa media.

  • Digital Video Animasi

Pembelajaran berbasis video atau Video Based Learning merupakan salah satu media pembelajaran yang efektif dan sudah menjadi populer dalam e-learning saat ini. Salah satu contohnya adalah sebuah animasi yang dibuat menjadi video dengan menggambarkan suatu objek atau peristiwa yang disampaikan dengan jelas, sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi pembelajaran.

  • Podcast

Podcast pada umumnya berupa rekaman audio atau video. Pembelajaran dengan media ini adalah upaya yang cukup efektif untuk memudahkan pembelajaran. Pada podcast tertentu seperti untuk pembelajaran biasanya berbentuk video dan dokumen agar proses pengajaran dapat berjalan lebih efektif.

  • Augmented Reality (AR)

Augmented Reality (AR) merupakan sebuah teknologi yang mampu menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan yang nyata kemudian memunculkannya atau memproyeksikannya secara real time. AR dapat digunakan untuk membantu memvisualisasikan konsep yang abstrak untuk memberikan pemahaman dan struktur suatu model objek. Namun sepertinya saat ini tenaga pendidik belum banyak yang menggunakan media pembelajaran AR.

  • Virtual Reality (VR)

VR adalah perpaduan dari pemrosesan gambar digital, grafik komputer, teknologi multimedia, sensor dan teknologi pengukuran, kecerdasan virtual dan buatan. Penggunaan teknologi VR dalam pengajaran digital modern dapat diintegrasikan antara multimedia, grafik komputer dan teknologi kecerdasan buatan, dengan mengekspresikan konten pengajaran ruang tiga dimensi. VR dapat dimanfaatkan untuk berbagai pembelajaran dan pelatihan, misalnya untuk melatih keterampilan yang membahayakan bila dipelajari dengan kondisi riil.

  • Game Based Learning

Game dapat kita manfaatkan sebagai media pembelajaran agar lebih menarik dan interaktif. Kemajuan teknologi yang sangat pesat dapat digunakan untuk meningkatkan permainan yang bersifat edukatif. Contoh media pembelajaran digital dengan game dapat berupa Quizizz, Kahoot, dan lain sebagainya.

Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk mentransfer pengetahuan antara guru dengan siswa. Seiring berkembangnya zaman, teknologi pun semakin canggih. Hal ini membuat para guru untuk semakin berinovasi dalam membuat media pembelajaran yang sesuai dengan kecanggihan teknologi dan berkembangnya zaman.

Referensi: 

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93--97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660

Hartanti, D. (2019). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Media Pembelajaran Interaktif Game Kahoot Berbasis Hypermedia. Prosiding Seminar Nasional, 1(1), 78--85. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/snpep2019/article/view/5631

Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Misykat, 03(01), 171--187.

Widianto, E., Husna, A. A., Sasami, A. N., Rizkia, E. F., Dewi, F. K., & Cahyani, S. A. I. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213--224. https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun