Mohon tunggu...
Annisareza 30
Annisareza 30 Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi di perguruan tinggi swasta

Usaha tidak akan mengkhianati hasil maka berusaha lah sebaik baiknya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sistem Informasi Akuntansi: Analisis Mengenai E-Commerce Uniqlo

8 Desember 2023   22:28 Diperbarui: 8 Desember 2023   23:23 420
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Uniqlo adalah perusahaan jepang dalam bidang perencanaan produk, produksi, dan mendistribusikannya untuk menyediakan pakaian kasual untuk semua orang, Uniqlo terkenal dengan menciptakan konsep "LifeWear" yaitu Pakaian yang dirancang untuk mengingkatkan gaya hidup sehari-hari dengan desain yang nyaman. Produk Uniqlo melibatkan berbagai jenis pakaian seperti kaos, kemeja, celana, tas, jaket dan pakaian dalam dengan berbagai pilihan warna dan ukuran. Selain pakaian kasual, Uniqlo juga menyediakan pakaian olahraga seperti tenis dan golf.

Dengan menonjolkan kualitas dari produknya yang unik dan berbeda dari produk serupa lainnya di pasaran, hal ini juga menjadi sebuah keunggulan dan keunikan yang dapat memberi kesuksesan perusahaan. Di Indonesia, Uniqlo menghadirkan gerai fisik pertamanya di Jakarta sekitar tahun 2013. Produk-produk dari perusahaan Uniqlo berhasil mencuri perhatian masyarakat di Indonesia sehingga menjadi sebuah brand yang sangat diminati dan sampai saat ini Uniqlo berhasil membuka setidaknya 46 gerai fisik yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Perusahaan-perusahaan besar seperti Uniqlo umumnya menggunakan berbagai sistem informasi untuk mendukung operasional mereka. Berikut adalah beberapa aplikasi sistem informasi yang mungkin digunakan oleh perusahaan seperti Uniqlo:

1. Enterprise Resource Planning (ERP)

Sistem ini dapat mencakup modul keuangan, manajemen rantai pasokan, manajemen inventaris, dan sumber daya manusia untuk mengintegrasikan berbagai fungsi bisnis dalam satu platform.

2. Customer Relationship Management (CRM)

Aplikasi ini membantu dalam melacak dan mengelola interaksi dengan pelanggan, memungkinkan Uniqlo untuk memahami preferensi pelanggan dan memberikan layanan yang lebih baik.

3. Point of Sale (POS)

Aplikasi ini digunakan di toko untuk memproses transaksi penjualan, melacak inventaris secara real-time, dan menyediakan data penjualan harian.

4. Aplikasi E-commerce

Uniqlo memiliki platform e-commerce yang memungkinkan pelanggan untuk berbelanja secara online. Ini melibatkan sistem pembayaran, manajemen pesanan, dan pelacakan pengiriman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun