Mohon tunggu...
Annisa Ratna Lolyta Waruwu
Annisa Ratna Lolyta Waruwu Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa STIAMAK BARUNAWATI SURABAYA

Bismillahirrahmanirrahim

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Awal Memilih Kuliah di Masa Pandemi Covid-19

19 Desember 2020   09:06 Diperbarui: 14 Januari 2021   18:48 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pada awalnya saya dilema antara memilih kuliah atau kerja ,saat masih sekolah saya ingin kerja juga orang tua mendukung karena saya lulusan SMK memiliki pengalaman magang kerja dan sudah pernah merasakan bagaimana kerja. Karena pada waktu itu saya sangat ingin memiliki penghasilan sendiri tanpa harus bergantung orang tua dan ingin memiliki pengalaman lebih banyak lagi.

Namun keadaan seperti ini saya berpikir pastilah sangat sulit diterima bekerja karena munculnya covid19 ini banyak perusahaan besar PHK besar-besaran karyawan atau pengurangan karyawan. Maka dari itu saya memilih kuliah dan saya sebenarnya ingin kuliah di Perguruan Tinggi tetapi orang tua melarang karena kendala jauh dari rumah dan biaya kuliah yang lumayan besar jadi orang tua saya mendaftarkan saya di Stiamak seperti kakak saya.

 Awalnya saya kurang memahami jurusan yang ada di Stiamak dan pada akhirnya saya mencari tahu materi apa saja yang saya terima nanti juga lingkungan yang seperti apa nanti saya hadapi. akhirnya saya tertarik karena disana dibekali juga untuk siap kerja lapangan seperti SMK saya dulu.

Pada keadaan saat ini saya masih menjalani kuliah online lewat zoom begitupun tugas dibagikan lewat grup kelas. Disana saya mendapatkan banyak wawasan yang belum pernah saya dapat di sekolah dulu dan saya juga banyak belajar untuk menjadi mahasiswa yang kritis dan aktif dalam setiap mata kuliah. 

Di kuliah saya beradaptasi dengan lingkungan yang saya hadapi sekarang dan menemukan teman yang beda kota ada juga teman yang kerja sambil kuliah dan teman yang berbeda sifat pula.

Motivasi mengapa ingin kuliah di stiamak mencapai sarjana adalah saya ingin mewujudkan cita-cita saya yang ingin menjadi lulusan sarjana yang terbaik berpotensi dan mendapatkan kerja yang bagus.

Menurut saya , saya menggunakan motivasi teori dari MC Clelland yaitu konsep penting dari teori motivasi ini adalah pada kekuatan yang ada di dalam diri manusia, yang mana merupakan motivasi prestasi. Menurut MC Clelland, individu dapat memiliki motivasi jika memang dirinya memiliki keinginan untuk berprestasi lebih baik dibandingkan lainnya.

Sekian dan Terima Kasih

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun