Dalam kegiatan belajar masih ada saja siswa yang malas dan kurang semangat atau minat belajar pada siswa. Dengan itu guru harus mampu mengatasi masalah ini. Ada banyak cara guru dalam mengatasi masalah ini salah satunya dengan memberi reward.
Reward adalah suatu bentuk penghargaan atau imbalan balas jasa yang diberikan kepada seseorang atau kelompok karena telah berperilaku baik, melakukan suatu keunggulan atau prestasi, memberikan suatu sumbangsih, atau berhasil melaksanakan tugas yang diberikan sesuai target yang ditetapkan. Dengan itu, reward merupakan suatu penghargaan yang dapat diberikan guru kepada kepada murid yang telah berhasil menyelesaikan sesuatu. Siswa yang telah berhasil menyelesaikan tugas atau menjawab soal dapat diberi penghargaan oleh guru.
Dengan memberikan reward kepada siswa, hal ini dapat mengurangi rasa malas dan dapat meningkatkan semangat pada siswa. Memberikan penghargaan kepada murid memiliki dampak positif terhadap motivasi belajar.
Pemberian reward dalam pendidikan seringkali mencerminkan implementasi kebijakan sekolah atau sistem pendidikan. Aturan ini dapat mencakup pedoman resmi mengenai insentif, penghargaan, atau sistem pengakuan atas pencapaian dalam kurikulum. Sebagai contoh, suatu negara dapat memiliki peraturan yang menentukan penggunaan reward dalam mengapresiasi prestasi siswa.
Menurut teori motivasi, konsep pemberian reward dapat dijelaskan melalui sudut pandang psikologi. Ahli motivasi, B.F. Skinner menyatakan bahwa pemberian reward positif dapat memperkuat perilaku yang diikuti oleh reward tersebut. Contohnya, memberikan hadiah kepada siswa yang mencapai nilai tinggi dapat meningkatkan kemungkinan mereka untuk terus berprestasi. Teori ini mencerminkan konsep reinforcement dalam memotivasi belajar.
Dalam masalah nyata, penelitian di ruang kelas sering kali menyoroti dampak pemberian reward terhadap motivasi belajar. Studi kasus dapat mencakup pengamatan bahwa penghargaan berupa sertifikat, pengumuman, atau hadiah materi dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan semangat belajar. Namun, beberapa masalah nyata dapat muncul, seperti risiko bahwa siswa hanya tertarik pada reward daripada pada materi pelajaran itu sendiri.
Dengan memberikan reward kepada siswa, hal ini dapat mengurangi rasa malas dan dapat meningkatkan semangat pada siswa. Memberikan penghargaan kepada murid memiliki dampak positif dan negatif terhadap motivasi belajar.
Adapun dampak positif memberikan reward terhadapa motivasi belajar.
1.Rewards dapat memberikan dorongan awal yang kuat untuk belajar karena siswa mungkin tertarik untuk mendapatkan imbalan.
2. Pemberian reward dapat meningkatkan kinerja siswa dan memotivasi mereka untuk mencapai hasil yang lebih baik.
3. Siswa akan lebih termotivasi untuk memahami materi secara lebih mendalam jika ada imbalan yang terkait.