Perdagangan internasional adalah aktivitas ekonomi dengan melakukan ekspor impor antar negara yang bertujuan untuk meningkatkan stanar ekonomi suatu negara. Perdagangan internasional bisa di artikan sebagai teransaksi dagang barang dan jasa antara subyek ekonomi suatu negara lain. Subyek ekonomi dalam perdagangan internasional adalah penduduk yang terdiri dari warga negara biasa, perusahaan ekspor, perusahaan impor, perusahaan industri ataupun perusahaan negara. Perdagangan internasional terjadi karena adanya perbedaan potensi sumber daya alam, sumber daya modal, sumber daya manusia dan kemajuan teknologi antar negara.
Subyek ekonomi dalam perdangan internasional terdiri dari warga negara biasa, perushaan ekspor, perusahan impor, Perusahaan industry ataupun Perusahaan negara.Â
Dari adanya perdagangan internasional tertuang manfaat yang banyak dan cenderung baik bagi perekonomian disuatu negara. Dengan adanya perdagangan internasional dapat menambah lapangan kerja untuk Masyarakat-masyarakat untuk memenuhi keburuhan hidup. Perdagangan internasional merupakan kegiatan yang kompleks sehingga akan membutuhkan tenaga kerja yang banyak untuk melakukan dengan baik. Oleh karena itu perdangan internasional memiliki manfaat yang baik karena bisa membuka lapangan kerja dan mengurangi angka pengangguran yang semangkin meningkat.
Manfaat dari perdagangan internasional selanjutnya yaitu banyak nya inovasi-inovasi teknologi, seperti memperoleh teknologi-teknologi modern yang lengkap baik pengetahuan maupun unit. Dengan ini akan membantu negara Indonesia semakin maju karena teknologi yang sering kali membantu manusia untuk belajar lebih aktif dan membantu pekerjaan-pekerjaan agar lebih mudah dan efektif. Contoh nya seperti ponsel pintar yang saat ini menjadi peran utama untuk membantu kegiatan-kegiatan sehari-hari. Dengan begitu perdagangan internasional memiliki manfaat yang baik untuk memajukan pengetahuan Masyarakat Indonesia.Â
Manfaat selanjutnya dari perdagangan internasional yaitu memperluas pasar, dengan adanya pasar global maka produsen dapat menjangkau pasar lebih luas untuk memasarkan produk mereka, dan meningkatkan ukuran pasar yang semakin besar yang ditandai dengan peningkatan impor suatu jenis barang pada suatu negara.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H