Mohon tunggu...
Annisa Khansa
Annisa Khansa Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa aktif UMM

10 oktober 2002 mahasiswa UMM angkatan 2021 Fakultas ekonomi dan bisnis Akuntansi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengabdian Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Kelompok 11 Mitra Dosen: Membuka Jalan Menuju Pemasaran Optimal UMKM Khaifa Craft

10 Februari 2024   12:25 Diperbarui: 10 Februari 2024   12:27 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sesi Foto Bersama Pemilik dan Pengelola UMKM Khaifa Craft (Dok. pribadi)


Jombang, 8 Februari 2024 - Dalam upaya mendukung perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di kota Jombang, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang telah menjalankan kegiatan pengabdian masyarakat pada UMKM "Khaifa Craft". Usaha yang bergerak di bidang fashion ini terutama di usaha pembuatan hijab di Kota Jombang. menjadi fokus bagi para mahasiswa untuk memperkenalkan pemasaran digital sebagai solusi efektif dalam menghadapi persaingan pasar yang ketat dan keterbatasan tempat usaha.

Menurut studi yang dilakukan oleh tim pengabdian, kondisi pemasaran di offline store Khaifa Craft tersebut dinilai kurang memadai untuk menjangkau konsumen potensial, terutama dengan lokasi strategis yang tidak mendukung serta pangsa pasar yang belum terdefinisi dengan jelas. 

Dengan mayoritas warga Jombang lebih memilih untuk berbelanja makanan daripada produk fashion, sehingga tantangan bagi Khaifa Craft semakin besar. Oleh karena itu, mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan pengabdian ini berinisiatif untuk menghadirkan solusi melalui pemasaran digital. Dengan memanfaatkan platform online dan media sosial, mereka berupaya mengangkat brand awareness Khaifa Craft dan menjangkau konsumen potensial di luar wilayah Jombang. Melalui konten-konten kreatif dan strategi pemasaran yang tepat, mereka bertujuan untuk memberikan eksposur maksimal bagi produk-produk unggulan Khaifa Craft.

"Menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat, kami menyadari pentingnya peran pemasaran digital dalam mengembangkan usaha UMKM seperti Khaifa Craft," ungkap Hanifa selaku pemilik usaha tersebut."Kami berharap melalui upaya kami, Khaifa Craft dapat memperluas pasar dan meningkatkan penjualan produknya." tambah Hakima selaku pengelola usaha tersebut.

Dengan semangat kolaborasi antara mahasiswa dan pengusaha lokal, kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi perkembangan Khaifa Craft serta memperkuat ekosistem UMKM di kota Jombang. Dengan terus mengimplementasikan strategi pemasaran digital yang  inovatif, diharapkan Khaifa Craft dapat meraih kesuksesan yang lebih besar di pasar yang semakin kompetitif ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun