Media pembelajaran di sekolah sangat penting karena dengan menggunakan media pembelajaran akan lebih mudah di pahami dan di senangi oleh anak-anak . Media yang kreatif dan menarik dapat meningkatkan pembelajaran lebih menyenangkan dan siswa dapat termotivasi. Media pembelajaran sangat beragam, oleh karena itu guru harus memilih Media yang tepat. Dengan memilih Media yang tepat, guru dapat memotivasi peserta didik. Media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan kegiatan pembelajaran akan menciptakan suatu kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien sehingga materi yang disampaikan oleh guru kepada siswa bisa diserap secara optimal.Â
Media pembelajaran secara umum media pembelajaran berarti segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan bahan pembelajaran hingga dapat merangsang minat, perhatian, pikiran dan perasaan siswa demi mencapai tujuan pembelajaran. Guru merupakan pembangkit dan pengembangan daya kreatifitas peserta didik. Seorang guru yang ingin membangkitkan kreativitas peserta didiknya harus terlebih dahulu berusaha supaya dirinya sendiri menjadi kreatif. Salah satunya yaitu dengan menggunakan jenis media yang beragam agar dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan membuat peserta didik kreatif. media pembelajaran yang digunakan guru pada peserta didik dapat memberikan dampak yang berbeda-beda mulai dari dampak positive ataupun negative. Penggunaan media pembelajaran yang tepat dan baik dapat memberikan kemudahan proses belajar sedangkan penggunaan metode belajar yang kurang baik dapat mengganggu proses belajar peserta didik. Bagi sebagian guru cara untuk memperoleh media pembelajaran dengan cara membuat media sendiri seperti, gambar-gambar yang di tempel di ruangan kelas, media lingkungan sekolah, jadi guru dengan mudahnya mempergunakan media pembelajaran dengan media yang sudah disediakan di sekolah. Namun tidak jarang guru yang menggunakan kreatifitasnya sendiri dengan mencari media melalui internet, tujuannya agar pembelajarn dapat bervariasi siswa untuk belajar, serta dapat memotivasi belajar siswa.Â
Tentang penggunaan media dengan baik dalam pembelajaran, guru menggunakan media untuk mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran. Dengan demikian, penggunaan media harus dipandang dari kebutuhan siswa, bukan dari kepentingan guru. Guru Menggunakan media sesuai dengan kempuannya dalam mengoperasi media tersebut seperti, media komputer memerlukan kemampuan khusus untuk mengoperasikannya.Dalam mengetahui karakteristik setiap peserta didik, guru setidaknya melakukan skrining maupun asesmen agar mengetahui secara jelas tentang kompetensi diri peserta didik yang bersangkutan. Adapun tujuan agar pembelajaran dilaksanakan dengan pemilihan strategi pembelajaran yang tepat dan menstimulasi kreativitas pendidik. Strategi pembelajaran pada dasarnya sebagai bentuk pendayagunaan secara optimal dan tepat dari berbagai komponen pembelajaran. Oleh karena itu, untuk menggalakkan strategi pembelajaran yang kreatif guru dapat meningkatkan pemanfaatan tujuan, materi pembelajaran, media, metode, evaluasi, hingga lingkungan belajar peserta didik.
Dalam rangka mempermudah dan memperlancar proses transformasi ilmu pengetahuan, adanya media pembelajaran kreatif sangatlah diperlukan. Dengan menggunakan media pembelajaran kreatif, maka konsep-konsep materi pelajaran yang abstrak dapat diubah menjadi lebih konkrit, sehingga mudah diterima dan dicerna oleh peserta didik. Media pembelajaran adalah alat bantu dalam proses pembelajaran, untuk mempermudah proses penerimaan siswa terhadap materi bahan ajar yang disampaikan oleh guru, dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Media pembelajaran merupakan sarana fisik untuk menyampaikan isi atau materi bahan ajar. Adapun sarana fisik tersebut berupa buku, tape rekorder, kaset, kamera video, film, slide, foto, gambar, grafik, televisi, dan komputer. media disebut sebagai fasilitas pembelajaran yang membawa pesan kepada para siswa, sebagai bentuk-bentuk komunikasi. Baik berupa cetak maupun audio visual dan peralatannya, sehingga media dapat dimanipulasi, dilihat, dibaca, dan didengar. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa media pembelajaran merupakan komponen sumber belajar yang mengandung materi instruksional untuk dapat menarik minat belajar siswa, berupa alat-alat grafis, fotografis, atau elektronis, yang dapat digunakan untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi dalam materi tersebut secara visual atau verbal.
Adapun Jenis-Jenis Media Pembelajaran, media pembelajaran dikelompokkan menjadi empat jenis, yaitu:
1.Media Visual
Media visual merupakan jenis media yang berkaitan dengan indra penglihatan. Misalnya, gambar, diagram, grafik, dan sebagainya.
2.Media Audio
Media audio tentunya berkaitan dengan indra pendengaran. Pesan yang disampaikan melalui audio pun dituangkan kedalam lambang-lambang auditif, baik verbal maupun nonverbal. Beberapa jenis media audio antara lain, radio, audio komputer, alat perekam pita magnetik, piringan hitam, dan laboratorium bahasa.
3.Multimedia
Multimedia merupakan jenis media yang melibatkan semua indera audio visual dalam satu kegiatan pembelajaran. Semua kemampuan yang ada pada media lain, sudah ada pada komputer/multimedia. Multimedia dapat menampilkan tulisan, gambar, gerak, suara, serta warna-warni yang indah. Ditambah lagi, kini semakin banyak program baru yang bertujuan untuk meningkatkan variasi pembelajaran.