Mohon tunggu...
AnNisaa
AnNisaa Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa-Universitas Islam Malang

hobi saya membaca dan suka menulis dibidang sastra puisi konten favorit saya mengenai karya sastra

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KSM UNISMA Malang Bantu UMKM Desa Tulus Besar dalam Pemanfaatan Digital Marketing untuk Branding Produk di Media Sosial

4 Maret 2024   17:38 Diperbarui: 4 Maret 2024   17:42 233
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Malang, Jawa Timur -- Seiring berkembangnya dunia teknologi, digital marketing menjadi salah satu kunci penting dalam proes peningkatan penjualan suatu produk terutama yang akan kami angkat pada tema kali ini terkait penjualan produk UMKM yang ada di Desa Tulus Besar, Kec.Tumpang, Kab. Malang. 

Memahami hal tersebut, Mahasiswa Kandidat Sarjana Mengabdi - Tematik (KSM-T) Kelompok 43 Universitas Islam Malang (Unisma) melakukan rebranding dan pemasaran melalui pemanfaatan digital marketing untuk membantu para pengusaha UMKM di Desa Tulus Besar, Kec. Tumpang, Kab. Malang. 

Adapun bentuk bantuan yang dilakukan oleh Mahasiswa, Yaitu : Sosialisasi serta Pelatihan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman atau edukasi terhadap pentingnya digital marketing dan cara-cara pemanfaatan digital marketing untuk pemasaran produk UMKM yang dikelola, Pendampingan dengan tujuan untuk membantu UMKM dalam membuat konten menarik, mengelola media sosial, dan menjalankan strategi digital marketing, Pengembangan E-commerce dengan tujuan membangun platform online untuk membantu UMKM memasarkan produknya secara lebih luas, dan Pemberian Titik pada Tempat Produksi Dimana hal ini bertujuan untuk mempermudah orang lain untuk menemukan titik lokasi pelaku pengusaha UMKM. 

Sedangkan upaya yang dilakukan oleh Mahasiswa dapat berdampak pada pelaku usaha UMKM di Desa Tulus Besar, Kec. Tumpang, Kab. Malang. Antara lain: dari sisi pengembangan Branding, perluasan pemasaran, dan pengetahuan terkait digitalisasi marketing.

Program ini disambut baik oleh para pengusaha UMKM di desa-desa. Dimana mereka berharap bahwa " dengan adanya pembaruan terkait pemasaran dan rebranding dapat memajukan usaha-usaha kami terutama para pelaku usaha UMKM di Desa Tulus Besar, Tentu kami sangat terbantu dan dapat belajar tentang bagaimana menggunakan media social ataupun e-commerce dalam proses promosi serta pemasaran dari produk kami ", kata (Syahrul) salah satu pelaku UMKM produksi syal di Desa Tulus Besar.

Program ini diharapkan dapat membantu UMKM di desa Tulus Besar, Kec. Tumpang, Kab. Malang untuk berkembang dan meningkatkan taraf hidup Masyarakat pada umumnya pelaku usaha UMKM pada khususnya.

Dokpri
Dokpri

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun