Mohon tunggu...
Annisa Nurcholifah
Annisa Nurcholifah Mohon Tunggu... Lainnya - 🌻

@aannisanc

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Belajar Filsafat

29 Januari 2021   11:48 Diperbarui: 29 Januari 2021   11:52 161
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hallo! Nama saya Annisa Nurcholifah dari Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Essay ini dibuat untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Pengantar Filsafat dan Logika.

Saya akan menceritakan sedikit pengalaman belajar filsafat selama satu semester ini. Sebelumnya, pertama kali saya mendengar kata "filsafat" yaitu ketika saya masih sekolah, salah seorang mengatakan bahwa dia ingin melanjutkan kuliah dengan jurusan filsafat. Karena baru pertama kali mendengar, saya belum tahu apa itu filsafat. Kemudian saya bertanya-tanya filsafat itu apa sih? Belajar tentang apa ya filsafat itu? Susah gak ya?

Ketika saya masuk kuliah, saya kembali bertemu dengan kata filsafat dan mempelajarinya. Mata Kuliah Pengantar Filsafat dan Logika, mata kuliah yang menurut saya membutuhkan kefokusan dan konsentrasi tinggi agar dapat memahami dengan baik setiap materi-materi yang ada.

Saya belajar tentang banyak hal di ilmu filsafat ini.  Membahas tentang terjadinya pengetahuan dan kebenaran dari pengetahuan tersebut, metode berpikir, analisis kritis, dan masih banyak yang dipelajari lainnya. Filsafat bukan hanya sekedar bertanya dan menjawab. Tetapi berawal dan berakhir dengan pertanyaan. Filsafat juga tidak menerima kebenaran yang sudah selesai.

Sebenarnya saya kurang menyukai mata kuliah filsafat ini karena menurut saya bahasanya sulit untuk dipahami dan materinya terlalu banyak. Akan tetapi, setelah dipelajari sedikit demi sedikit juga mengerjakan tugas yang diberikan, akhirnya ada beberapa materi yang saya sukai dan cukup membuat rasa ingin tahu yang tinggi.

Belajar filsafat ini juga banyak sekali manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, untuk melatih diri agar mampu berpikir secara kritis dan mendalam terkait pertanyaan-pertanyaan dalam kehidupan sehari-hari, juga mampu berargumen/mengemukakan pendapat, dan mampu melihat serta menelaah masalah dari berbagai sudut pandang.

Dari apa yang telah saya sampaikan diatas, saya menyimpulkan bahwa ketika kita belajar filsafat harus fokus dan konsentrasi agar kita dapat memahami dengan baik materi-materi ilmu filsafat tersebut. Walaupun lumayan sulit dipahami, tetapi belajar filsafat memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari dan juga membuat kita memiliki rasa ingin tahu yang tinggi tentang suatu hal mulai dari mengetahui permasalahan sampai penyelesaiannya.

Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan tentang pengalaman belajar filsafat. Mohon maaf atas kata-kata yang kurang baik dan kesalahan dalam penulisan harap dimaklumi.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun