Pengertian Pembelajaran*
Pembelajaran adalah usaha atau proses untuk mengarahkan perilaku belajar peserta didik, atau cara untuk membuat seseorang belajar. Dulu dikenal sebagai pengajaran, dalam bahasa Arab disebut "ta'lim". Menurut kamus Arab-Inggris karya Elias & Elias (1982), "ta'lim" berarti "mengajar; mendidik; memberi instruksi; melatih". Pengertian ini sesuai dengan yang dikemukakan oleh Syah (1996), yaitu "allamal ilma" yang berarti mengajar atau memberi instruksi.
*Pengertian Metode*
Metode dan strategi pembelajaran adalah berbagai cara untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan. Semua cara tersebut bisa dirancang oleh perancang pembelajaran atau guru. Jika dalam situasi tertentu metode pembelajaran tidak dapat digunakan, metode tersebut akan menjadi kondisi pembelajaran. Sebaliknya, jika kondisi pembelajaran dapat diterapkan, ia akan berubah menjadi metode pembelajaran.
*Pengertian Perencanaan Pembelajaran*
Perencanaan Pembelajaran adalah proses untuk menciptakan kondisi belajar yang mengarah pada strategi dan produk pembelajaran, baik pada level makro maupun mikro. Menurut Ragan & Smith (1992), perencanaan pembelajaran berkaitan dengan proses sistematis yang menerjemahkan prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran ke dalam perencanaan materi dan kegiatan pembelajaran. Jadi, perencanaan pembelajaran adalah persiapan untuk melaksanakan tugas mengajar atau aktivitas pembelajaran dengan menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran, melalui langkah-langkah pembelajaran, pelaksanaan, dan penilaian, untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
*Manfaat Perencanaan Pembelajaran*
Perencanaan yang jelas diperlukan agar semua komponen dalam proses belajar mengajar berfungsi dengan baik. Merancang perencanaan pembelajaran (desain pembelajaran) bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam mencapai tujuan pembelajaran. Desain tersebut mencakup kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh guru dan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Hendiyat Soetopo (1984:143) menyatakan bahwa perencanaan pembelajaran yang rinci memudahkan pencapaian tujuan belajar mengajar.
*Model-Model Perencanaan Pembelajaran*
- Kompetensi dasar
- Peta konsep
*Teori-Teori yang Mendasari Perencanaan Pembelajaran*
- Teori Deskriptif
- Teori Preskriptif
- Teori-teori Belajar
*Model Pokok tentang Proses Pembelajaran menurut Glaser*
- Model J.E. Kemp
- Model V. Gelder
- Model Dick dan Carey
- Model Satuan Pelajaran
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H