Mohon tunggu...
Annisa Andhini Putri
Annisa Andhini Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Hello! i'm a passionate learner. love to learn somethings new.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Cinta Kasih dalam Kebenaran

8 September 2022   12:52 Diperbarui: 8 September 2022   16:58 211
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dari mind map yang sudah saya buat diatas, akan saya jelaskan satu persatu disini.

Point pertama yaitu, Berkembang. 

Maksud dari kata berkembang itu sendiri beraneka ragam. Tetapi yag saya maksud disini adalah kita harus menjadi pribadi yang terus berkembang serta jauh lebih baik lagi tentunya setalah belajar Sindu ini. Dan kata hal lain yang saya sebutkan diatas, maksudnya adalah jika kita terus berkembang maka akan berdampak pada hal lain juga. Terutama untuk diri kita sendiri. Mengembangkan pribadi yang lainnya secara benar. Penting untuk mempunyai gross mind set untuk bisa terus berkembang, saya setuju dengan kalimat ini dari kak Raihan.

Point kedua yaitu, Berbuat Kebaikan.

Sangat boleh sekali kita berbuat kebaikan kepada siapapun itu. Terutama untuk orang lain ya. Tetapi terkadang memang menjadi baik itu banyak sekali cobaannya. Jika kita berbuat kebaikan kepada siapapun, jangan pernah unuk mengharapkan orang itu melakukan hal yang sama juga dengan kita. Lakukan dengan ikhlas. Karena segala sesuatu yang kita lakukan pasti Tuhan akan membalasnya karena Tuhan tidak pernah tidur. Dan untuk kebaikan yang dilakukan ke diri sendiri, itu maksud saya adalah sayangi dulu diri sendiri. Sebelum mementingkan orang lain. Karena seperti apa yang saya dengar dari video podcast Kak Raihan Zairah & Kak Cerry Marlencia, yaitu jadi manusia harus punya akar batang yang kuat agar bermanfaat bagi orang sekitar. Semoga saya bisa selalu membantu apa yang saya bisa dan bisa berguna juga untuk orang-orang disekeliling saya. Dan juga berani berkata tidak pada yang jahat, bahkan berani menolak yang tidak baik. 

Point ketiga yaitu, Kebiasaan.

Dari kata kebiasaan itu saya memberikan 2 cabang lagi yaitu hal kecil dan diri sendiri. Saya akan menjelaskannya maksud dari kata tersebut. Menurut saya, kebiasaan itu harus dimulai dari hal kecil dan berkaitan dengan diri sendiri juga. Karena kalau hal kecil aja gak bisa, gimana mau hal yang lebih besar? Betul tidak? Contohnya adalah membuka diri untuk sebuah kesempatan. Kesempatan itu tidak datang dua kali. Kalo kita mencoba untuk berkembang menjadi orang yang baik disebuah kesempatan, pasti akan ada jalannya. Jika kita salah, kita bisa belajar dari sebuah pelajaran tersebut agar menjadi pribadi yang benar atau lebih baik. Karena apa yang kita tabur ya apa yang kita akan tanam nantinya. Atau dengan kata lain, apa yang kita lakukan ya apa yang kita dapatkan nantinya. Jadi kebiasaan itu harus di mulai dari hal kecil.

Point keempat yaitu, yang didapatkan.

Maksud saya disini dari segala hal yang sudah saya jelaskan itu ada hal yang kita dapatkan benefitnya untuk diri sendiri. Waktunya bisa sekarang atau di kemudian hari. Bila kita berbuat kebaikan kepada orang lain, kita gak akan pernah tau kebaikan lain apa yang akan Tuhan kasih untuk kita kedepannya. Seperti misalnya nanti saat kuliah, saya ingin sekali untuk memperbanyak ilmu, memperluas jaringan saya agar koneksi saya pun luas. Karena jujur saya senang sekali untuk berinteraksi dengan orang baru. Menurut saya, karena saya akan mendapat hal atau pengalaman baru yang mungkin belum saya dapatkan sebelumnya. Dan mungkin juga saya akan aktif saat kuliah nanti, karena ingin memperkaya ilmu seperti apa yang sudah saya bilang tadi. Saya percaya dengan kata-kata Kak Raihan yaitu "Kuliah itu sistem tabur tuai. Apa yang ditabur selama kuliah, akan dinikmati setelah kuliah". Saya sangat setuju akan hal itu. Untuk kegiatan yang nanti akan diikuti mungkin akan saya pilah pilih yang valueable dan impactful untuk diri saya.

Bangga banget rasanya bisa menjadi bagian dari UNPAR. karena saya bisa mendapatkan banyak sekali pelajaran yang sangat berguna untuk kehidupan saya di masa sekarang dan masa yang akan datang nanti.

NAMA : ANNISA ANDHINI PUTRI

NPM : 6092201090

KELOMPOK : A12

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun