Media Pembelajaran merupakan salah satu alat yang memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran oleh guru kepada peserta didik, dengan ketepatan penggunaan media pembelajaran dapat mempengaruhi kualitas makna dari pesan yang ingin disampaikan oleh guru, sehingga dapat memberikan pemahaman materi pembelajaran kepada peserta didik. Adapun media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran salah satunya dengan menerapkan media visual poster, dengan menggunakan media tersebut dapat menarik perhatian peserta didik dalam memahami materi ajar.
Media visual merupakan sebuah alat yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran, media ini dapat dinikmati melalui lewat pancaindra mata yang dapat memberikan unsur gambar didalamnya. Media visual ini memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran yaitu dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan bagi peserta didik. Adapun Jenis-jenis media pembelajaran visual dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu media visual diam dan media visual gerak. Media visual diam meliputi foto, ilustrasi, flashcard, grafik, bagan, diagram, poster, komik, kartun, peta, dan lain-lain, sedangkan media visual gerak berupa gambar-gambar proyeksi bergerak, dan lain sebagainya. Dengan banyaknya jenis-jenis media pembelajaran visual tersebut, pendidik dapat mengembangkan kreativitas dengan menyesuaikan tujuan dan materi dalam pembelajaran, sehingga proses pembelajaran berjalan secara efektif. Penggunaan media visual poster dapat digunakan dalam proses pembelajaran asalkan isi poster tersebut sesuai dengan tingkat pemahaman siswa.
Adapun pengertian poster Menurut Nana Sudjana dan Ahmad Rifai (2009) Media poster dapat dijelaskan sebagai bentuk ilustrasi gambar yang disederhanakan dari sebuah rancangan yang kuat, dengan memberikan warna, dan pesan yang ingin disampaikan agar dapat menarik perhatian siswa dalam memberikan pemahaman gagasan pokok dari materi yang ingin disampaikan . Pembuatan media poster perlu menambahkan imajinasi yang kreatif dalam pembuatannya dengan memberikan pemusatan perhatian yang bagus, akan membantu penyampaian gagasan yang lebih efektif.
Adapun ciri-ciri poster menurut Arief  S. adalah:
1. Memberikan gambaran yang sederhana
2. Menyediakan satu ide dalam mencapai satu tujuan utama
3. Memiliki tulisan yang jelas dan mudah dipahami
4. Memberikan motif dan desain yang bervariasi
5. Memberikan warna didalamnya
Menurut Meiyena (2013), Media visual poster berfungsi untuk memvisualisasikan pesan, informasi atau konsep materi yang ingin disampaikan kepada peserta didik dengan menggunakan ilustrasi gambar yang hampir menyamai kenyataan dari suatu objek.
Ketika hendak membuat dan menggunakan media visual poster, pendidik  harus memperhatikan beberapa hal dalam pembuatan media visual poster, agar media poster tersebut dapat dipahami oleh peserta didik, diantaranya yaitu:
1). Kesesuaian isi sesuai dengan kompotensi inti dan dasar, dalam pembuatan media poster, guru harus membuat media poster sesuai dengan isi dari kompetensi inti dan kompetensi dasar.
2). Kesesuaian isi sesuai dengan tingkat pemahaman siswa, guru harus memperhatikan isi poster sesuai dengan tingkat pemahaman siswa, jika guru tidak memperhatikannya, maka siswa akan menjadi sulit dalam memahami isi poster tersebut.
3). Menggunakan bahasa pada poster yang mudah dipahami, guru harus memperhatikan penggunaan bahasa pada isi poster, jika penggunaan bahasa dalam isi poster terlalu tinggi maka siswa akan sulit untuk memahaminya, dengan begitu guru perlu membuat isi poster dengan menggunakan bahasa yag sederhana sehingga dapat mudah dipahami oleh peserta didik.
4). Kualitas tampilan pada gambar, dalam pembuatan poster guru harus memperhatikan kualitas gambar didalam poster, jika kualitas gambar tidak terlalu bagus maka peserta didik akan kesulitan untuk membaca dan memahami isinya.
Dengan mengetahui cara pembuatan media visual poster ini, pendidik dapat membuat dan mengembangkan media visual poster dengan memperhatikan keadaan tingkat pemahaman siswa, materi ajar, dan kualitas tampilan pada gambar poster, sehingga isi poster dapat mudah dipahami oleh peserta didik.
Media visual poster telah banyak dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Poster dengan segala kelebihannya, mampu menarik perhatian siswa bahkan mampu membangkitkan pemahaman siswa. Adapun kelebihan dari media visual poster sebagai media pembelajaran ialah: (1) memiliki kekuatan dramatik yang tinggi, sehingga dapat menarik perhatian didalamnya; (2) media poster dapat merangsang motivasi belajar anak dengan mempelajari lebih jauh dari pesan yang ingin disampaikan didalam poster; (3) sederhana; (4) memiliki makna yang jelas; (5) dapat dinikmati secara individu dan bersama-sama; (6) media poster dapat dipasang atau ditempelkan dimana saja, sehinga memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mempelajari dan mengingat kembali apa yang sudah dipelajari.
Terdapat adanya wadah sebagai mata kuliah media pembelajaran bahasa dan sastra, dengan dosen pengampu ibu Dr. Riris Nur Kholida Rambe, M.Pd. Mahasiswa dan mahasiswi  prodi Tadris Bahasa Indonesia stambuk 2021, dapat mengetahui pentingnya penggunaan media dalam proses pembelajaran, dengan begitu mahasiswa dan mahasiswi prodi Tadris Bahasa Indonesia yang akan menjadi seorang calon pendidik, dapat menerapkan dan menggunakan segala jenis media khususnya media visual poster didalam dunia pendidikan.
Dengan menggunakan media poster dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan perhatian peserta didik serta dapat merangsang anak untuk dapat mempelajari lebih jauh tentang hakikat pesan yang ingin disampaikan, sehingga guru harus aktif dalam mengembangkan ide, gagasan, dan kreativitas dalam menggunakan media poster ketika proses pembelajaran berlangsung.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H