Mohon tunggu...
Annisa DianHafsari
Annisa DianHafsari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Psikologi

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menggali Kedalaman Pendidikan Karakter, Kegiatan Edukasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bersama Mahasiswa UNTAG Surabaya

7 Januari 2024   01:08 Diperbarui: 7 Januari 2024   15:51 183
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

SURABAYA- Pendidikan karakter menjadi fokus utama dalam membangun landasan moral generasi penerus. Untuk mewujudkan hal ini, Mahasiswa UNTAG Surabaya mengadakan kegiatan Edukasi di SMPN 12 Surabaya terkait P5 sebagai bagian dari Upaya meningkatkan pemahaman dan penghayatan nilai-nilai Pancasila pada siswa.

Mengenal Lebih Dekat Kegiatan Edukasi tentang P5

Proyek P5 bukan hanya sebatas pemaparan materi di dalam kelas, tetapi melibatkan serangkaian kegiatan yang menyeluruh. Pada hari Rabu (13/12/23) pukul 08.00 WIB telah dilaksanakan Kegiatan Edukasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) oleh 10 Mahasiswa jurusan Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya  yang terbagi menjadi dua tim dalam dua kelas yaitu kelas 7A dan kelas 7B di SMPN 12 Surabaya. Peserta Edukasi P5 ini adalah siswa-siswi kelas 7 dari SMPN 12 Surabaya sebanyak 40 orang tiap kelasnya yang dilaksanakan di dalam kelas tanpa didampingi oleh guru.

Pengenalan materi P5 pada kelas 7B
Pengenalan materi P5 pada kelas 7B

Pada kelas pertama yaitu kelas 7B, acara diawali dengan pembukaan yang dilakukan oleh Annisa Dian Hafsari sebagai moderator pada kegiatan ini. Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan singkat oleh para Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya kepada siswa-siswi SMPN 12 Surabaya. Setelah itu Moderator menyampaikan tujuan kedatangan serta kontrak belajar yang akan dilaksanakan selama kegiatan berlangsung. Moderator memberikan games “Pegang panca Indera yang aku sebut dengan cepat” pada siswa-siswi agar lebih bersemangat. Lalu pembagian kelompok yang dibantu oleh Diva Shafira dan Ninda Widya sebagai Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Kemudian siswa-siswi diminta untuk mengerjakan soal Pre-Test pada lembaran yang sudah diberikan untuk mengetahui pengetahuan siswa-siswi SMPN 12 Surabaya mengenai P5 sebelum penyampaian materi P5 dimulai. Moderator memberikan pengenalan dan contoh sedikit terkait materi P5 pada siswa-siwi SMPN 12 Surabaya. Sebelum materi lengkapnya dijelaskan Moderator mengajak siswa-siswi SMPN 12 Surabaya untuk ice breaking terlebih dahulu. Annisa Dian Hafsari selaku Moderator mencontohkan games yang akan dilakukan oleh siswa-siswi yang disebut dengan “claps, boom, candy”. Lalu Moderator meminta siswa-siswi untuk bersiap-siap dan memulai games yang sudah dicontohkan oleh Moderator.

Setelah ice breaking dilaksanakan, maka penyampaian materi P5 diawali dengan materi yang berjudul “Karakter Mandiri” yang disampaikan oleh Uswidatul Laili. Pada sesi ini disampaikan materi mengenai bagaimana menjadi manusia yang mandiri dan bertanggung jawab atas apa yang dilakukan. Moderator mereview kembali materi yang sudah disampaikan pemateri dan meminta siswa-siswi untuk memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari terkait materi tersebut.

Kemudian dilanjutkan dengan materi yang kedua berjudul “Bernalar Kritis” yang disampaikan oleh Ninda Widya dan siswa-siswi juga diajak bermain games oleh pemateri dan setiap perwakilan kelompok yang sudah menjawab diberi 1 poin dan poin terbanyak diberi hadiah. Setelah itu, Moderator kembali mereview materi yang sudah disampaikan pemateri dan meminta siswa-siswi untuk memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari terkait materi tersebut. Lalu materi yang ketiga berjudul “Kreatif” yang disampaikan oleh Diva Shafira. Pada materi ini dijelaskan tentang kreatif dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu pemateri juga memberikan games pada siswa-siswi dan memberikan 1 poin bagi perwakilan kelompok yang benar menjawab, poin tersebut dikumpulkan lalu kelompok yang memiliki poin terbanyak akan diberi hadiah.

Materi Kreatif
Materi Kreatif

 Kegiatan selanjutnya penayangan film P5 pada siswa-siswi dan mereka diminta untuk menganalisis film tersebut yang didampingi oleh Sabnaya Noor Nabillah. Setelah penayangan dan analisis film berakhir, siswa-siswi diminta untuk mengerjakan lembar Post-Test yang telah dibagikan oleh Sabnaya Noor Nabillah untuk mengukur pemahaman siswa-siswi setelah mendapatkan materi mengenai P5. Kegiatan diakhiri dengan 2 perwakilan siswa-siswi untuk maju kedepan memberikan kesan pesan dan pembagian hadiah untuk siswa-siswi yang telah aktif menjawab dan kelompok yang memiliki poin terbanyak. Kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan penutupan oleh Moderator.

Foto Bersama kelas 7B
Foto Bersama kelas 7B

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun