Mohon tunggu...
Annida NHS
Annida NHS Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

seorang mahasiswa prodi akutansi di Universitas Muhammadiyah Malang yang menggemari karya tulis ilmiah dan publikasi di media

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

PMM UMM Kelompok 48 Ajarkan Anak Panti Asuhan Akhlakul Karimah Menabung yang Efektif Melalui Pembuatan Celengan Target

17 Juni 2022   21:05 Diperbarui: 18 Juni 2022   12:22 437
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Malang, 14 Juni 2022 Kelompok 48 PMM gelombang 05 melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) yang berlokasi di Panti Asuhan Akhlaqul Karimah. PMM merupakan salah satu program unggulan dari Universitas Muhammadiyah Malang yang mewajibkan mahasiswanya untuk terjun ke lingkungan masyatakat selama 1 bulan untuk mengabdikan diri kepada masyrakat dengan menerapkan ilmu yang didapatkan di kampus. Kelompok kami beranggotakan 5 orang yaitu Ikhdazahrotunni S.M  selaku Koordinator dari jurusan Akuntansi, Ahmad Faishal (Humas) dari jurusan Akuntansi, Annida Nuraini (Bendahara) dari jurusan Akuntansi, Devi Rosalia  (Perlengkapan) dan Ardia Regetha (PDD) dari jurusan Akuntansi.

Pada PMM kali ini, kami memberikan pengajaran kepada anak-anak panti asuhan Akhlaqul Kharimah bagaimana menabung uang yang efektif melalui pembuatan celengan target.  Produksi celengan diawali dengan pembelian kaleng celengan yang polos. Selanjutnya pembuatan desain oleh kak devi selaku bagian perlengkapan dengan membuat berbagai desain yang lucu serta menarik. Tambahan aksen target keuangan yang akan dicapai diimbuhkan didalamnya. Setelah adanya desain gambar, siap dicetak menjadi sticker. Pencetakan sticker disesuaikan besarnya dengan kaleng yang akan digunakan. Alasan penggunaan sticker karena lebih rapi dan juga anti air sehingga tidak luntur saat terkena air. Setelah itu, masuk proses produksi celengan.

Doc. Pribadi
Doc. Pribadi

 

Dalam kegiatan ini dapat memberikan motivasi kepada anak-anak akan pentingnya menabung karena dengan adanya keterangan jumlah yang harus ditabung dan target uang yang terkumpul membuat mereka konsisten mengerjakannya, serta kebebasan mereka dalam berkreasi  dalam pembuatan celengan menstimulasi kreatifitas dan keterampilan  sehingga mereka sangat antusias dalam proses pembuatan celengan target ini.

Produk celengan target yang sudah jadi akan difungsikan secara fleksibel, pertama celengan akan digunakan secara pribadi oleh mereka untuk membangkitkan budaya menabung sejak dini karena sebelumnya mereka sudah tau akan pentingnya menabung untuk masa depan, kedua produk celengan yang suda jadi atau selesai diproduksi akan dipromosikan dan dipasarkan melalui media online guna meningkatkan jiwa entrepreneur atau kewirausahaan mereka sejak kecil, dalam kegiatan ini kami dari kelompok 48 membantu dan memfasilitas penuh terkait teknis pemasaran produk secara langsung. Media online yang akan digunakan seperti shopee, Instagram, dan juga whatsapp. Penjualan dan pemasaran dishoppe diberikan materi secara teori dan juga prakteknya dalam pembuatan account serta pemasarannya. Instagram digunakan untuk memposting foto-foto katalog serta pemesanan dapat dilakukan dengan  Direct Message Instagram. Untuk whatsapp digunakan untuk pemasaran kepada orang-orang terdekat di lingkungan sekitar kita. Hasil dari penjualan akan dikumpulkan dan juga dialokasikan untuk kepentingan adik-adik panti asuhan akhlaqul kharimah.

Doc. Pribadi
Doc. Pribadi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun