Mohon tunggu...
Anna Herawati
Anna Herawati Mohon Tunggu... Guru - Guru SMP Negeri 2 Ngadirejo

Guru Matematika SMP Negeri 2 Ngadirejo

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

15 Juli 2022   15:25 Diperbarui: 15 Juli 2022   15:29 109
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam program aksi nyata ini saya mencoba membuat program yang berdampak pada murid dengan menerapkan tahapan BAGJA dengan judul "Panggung Ekspresiku". Pada kesempatan kali ini saya akan menyajikan dengan model 4F (Fact, Feeling, Finding, Future)

1. Fact

Melihat kondisi siswa dalam hal literasi yang menurut saya masih cukup rendah, saya mencoba membuat sebuah program yang  berdampak pada murid dan dapat meningkatkan motivasi anak dalam berliterasi.  Langkah awal yang saya lakukan adalah berkoordinasi dengan kepala sekolah dan minta ijin untuk bisa melaksanakan program ini. Langkah berikutnya adalah bersama-sama dengan murid membuat kesepakatan kelas. Kesepakatan kelas ini dibuat dengan menampung semua suara murid (voice) selanjutnya dengan berdiskusi memilih poin-poin yang disetujui (choice) yang selanjutnya mereka akan memiliki sebuah ksepakatan kelas yang dibuat bersama-sama (ownership). Selanjutnya dengan berkoordinasi dengan rekan sejawat saya menyusun program yang berdampak pada murid. Melalui program ini, sebagai pemimpin pembelajaran saya mencoba menumbuhkan nilai-nilai kebajikan pada murid yang sesuai dengan profil pelajar pancasila diantaranya mandiri dan kreatif.

Literasi tidak hanya bersumber dari buku, literasi juga bisa didapatkan dari media lain atau bahkan juga dari menoton film yang didalamnya terdapat pesan moral. Program yang saya buat ini bernama "Panggung Ekspresiku". Dalam program ini nanti murid bebas mengekspresikan kesimpulan dari sumber literasi yang mereka pilih sendiri dan dengan cara yang mereka pilih sendiri. Cara yang mereka pilih diantaranya adalah presentasi, puisi, lagu, gambar atau bahkan berupa produk. 

Sebagai kegiatan awal, saya mengajak murid untuk nonton film bersama/noonton bareng (nobar) sebuah film dengan pesan moral yang baik, setelah itu murid diminta untuk mengekspresikan dari apa yang mereka lihat. Kegiatan berikutnya dengan memberi kebebasan pada murid untuk memlih buku atau media lain dengan tema bebas dan bebas juga dalam mengekspresikan hasil literasinya.

2. Feeling

Saya merasa bangga karena bisa memfasilitasi murid untuk bisa berekspresi sesuai dengan minat dan pilihan mereka. Melatih mereka untuk bisa berekspresi sesuai dengan minat dan pilihan mereka. Melatih mereka untuk bisa memimpin pembelajarannya sendiri (student  agency). Mereka bisa memiliki suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownnership) dalam pembelajaran mereka sendiri

3. Finding

Menumbuhkan motivasi murid dalam literasi serta membuat murid memiliki sikap mandiri dan kreatif sesuai dengan profiil pelajar pancasila. Mereka juga mendapatkan pembelajaran yang bermakana.

4. Future

Dalam penerapan ke depan saya akan mencoba menjalankan program ini secara konsisten dan berkelanjutan. Serta akan berkolaborasi dengan rean sejawat demi meningkatkan program ini.

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun