Mohon tunggu...
NurulFakihatul95
NurulFakihatul95 Mohon Tunggu... -

انظر ما قال ولا تنظر من قال

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Faktor-faktor Penunjang Bimbingan dan Konseling

23 Mei 2016   00:06 Diperbarui: 23 Mei 2016   00:08 639
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Faktor-faktor Penunjang Kegiatan Bimbingan dan Konseling Di Sekolah Dalam bimbingan dan koseling yang terdapat di sekolah, terdapat berbagai faktor yang dapat menunjang suatu kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah yakni faktor eksternal dan faktor internal. a. Faktor Eksternal Faktor ini meliputi aspek-aspek sosial dan nonsosial. Faktor sosial adalah faktor manusia, baik yang hadir secara langsung (bertatap muka atau berkomunikasi langsung) maupun kehadirannya secara tidak langsung, seperti media yang sesuai dengan tuntutan teknologi pendidikan atau teknologi, maka pendidikan ini adalah merupakan sarana belajar mengajar yang sangat penting. Media pendidikan baik berupa hardwer maupun softwerenya sudah mendapat perhatian. 

Pada waktu mengajar beberapa guru sudah menggunakan Video Cassete Recorder misalnya Bidang Studi Bahasa Inggris, serta program pengajaran dibantu komputer yang telah disiapkan untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, dan Kimia. Adapun yang dimaksud dengan faktor nonsosial adlah keadaan suhu udara (panas, dingin), waktu (pagi, siang, malam), suasana lingkungan (sepi, bising atau ramai), keadaan tempat (kualitas gedung, luas ruangan, kebersihan, ventilasi, dan kelengkapan mebel, dan lain-lain. Layanan bantuan seyogyanya diberikan kepada para siswa adalah bimbingan belajar. Bimbingan belajar ini meliputi beberappa kegiatan layanan, baik yang bersifat preventif maupun kuratif. Layanan yang bersifat preventif diantaranya dengan pemberian layanan informasi sebagi berikut. 

1. Sikap dan kebiasaan belajar yang positif 2. Cara membaca buku yang efektif 3. Cara membuat catatan pelajaran dan belajar kelompok 4. Teknik menyusun laporan Adapun bimbingan belajar bersifat yang bersifat kuratif adalah layanan bantuan bagi para siswa yang memiliki masalah atau kesulitan belajar. Untuk membantu mereka, maka dilakukan langkah-langkah sebagai berikut. 1. Mengidentifikasi kasus 2. Mengidentifikasi letaknya masalah  3. Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan belajar (diagnosis) 4. Prognosis, mengambil kesimpulan dan keputusan serta meramalkan kemungkinan penyembuhannya 

5. Treatment, pemberian layanan bantuan sesuia dengan prognosis yang telah dilakukan b. Faktor Internal Ada beberapa faktor yang hendaknya dipenuhi agar belajar dapat berhasil, yakni meliputi fisik dan psikis. Faktor fisik, di antaranya nutrisi (gizi makanan), kesehatan dan keberfungsian fisik (teruatama pancaindra). Kekurangan nutrisi dapat mengakibatkan kelesuan, lekas mengantuk, lekas lelah, dan kurang bisa konsentrasi. Penyakitjuga dapat memengaruhi keberhasilan belajar, apabila penyakit itu bersifat kronis atau terus-menerus dan mengganggu kenyamanan. Oleh karena itu. Pemeliharaan yang intensif sangat penting bagi individu. Adapun faktor pisikis diantaranya adalah kecerdasan, motivasi, minat, sikap dan kebiasaan belajar, dan suasana emosi. Apabila kedua faktor tersebut tidak terpenuhi atau mengalami gangguan, maka kemungkinan besar individu akan mengalami kesulitan belajar.  

Menurut W.H. Burton (Yusuf,1992) faktor internal yang mengakibatkan kesulitan belajar adalah sebagai berikut 1. Ketidakseimbangan mental atau gangguan fungsi mental : (1) kurangnya kemampuan yang bersifat potensial  (kecerdasan), (2) kurangnya kemampuan mental, (3) kesiapan diri yang kurang matang. 2. Gangguan fisik : (1) kurang berfungsinya organ-organ perasaan, alat-alat bicara, (2) gangguan kesehatan (sakit-sakitan) 3. Gangguan emosi : (1) merasa tidak aman, (2) kurang bisa menyesuaikan diri, (3) adanya perasaan yang kompleks, (4) keditakmatangan emosi. Sebenarnya masih banyak penjelasan tentang Faktor-faktor Penunjang Kegiatan Bimbingan dan Konseling Di Sekolah, tetapi dalam artikel ini hanya menyebutkan sebagian saja. Demikian penjelasan artikel bimbingan konseling tentang Bimbingan Faktor-faktor Penunjang Kegiatan Bimbingan dan Konseling Di Sekolah, terdapat banyak artikel yang berkaitan dengan bimbingan dan konseling. Semoga bermanfaat dan terimakasih. Sumber : Dr. Fenti

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun