Mohon tunggu...
Anjelita Puspita Maharani
Anjelita Puspita Maharani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Psychology, Sebelas Maret University

Tertarik dengan isu ekonomi dan psikologi.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Pahami Perilaku Konsumen dan Gapai Dengan Teknik AIDA (Attention, Interest, Desire, Action)

9 Juli 2023   05:40 Diperbarui: 9 Juli 2023   06:40 146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Sebagai seorang pelaku bisnis, tentunya Anda harus memahami perilaku konsumen Anda. Perilaku konsumen adalah aktivitas memilih, menggunakan, dan/atau menghentikan konsumsi atau pemakaian suatu produk sesuai dengan kebutuhan. Memahami perilaku konsumen berguna untuk mengembangkan produk sesuai dengan kebutuhan pasar. Namun, bagaimana cara mengetahui perilaku konsumen?

Terdapat empat faktor penyebab perilaku konsumen yakni,

a. Faktor Budaya adalah lingkungan luas di sekitar konsumen. Budaya berasal dari budi dan daya masyarakat atau hasil dari kebiasaan masyarakat. Contoh faktor budaya yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen adalah masyarakat Jawa dengan budaya Jawa yang dianutnya cenderung menyukai rasa manis sehingga mereka kerap membeli produk manis ataupun gula-gulaan.

b. Faktor Sosial adalah lingkungan yang lebih kecil seperti kelompok masyarakat atau keluarga. Contohnya, keluarga yang orang tuanya cenderung sibuk akan memilih membeli makanan siap makan daripada membeli bahan-bahan untuk membuat makanan.

c. Faktor Pribadi adalah karakteristik individual, seperti pekerjaan, umur, agama, ekonomi, gaya hidup, dan lainnya. Contohnya, orang beragama islam akan membeli peralatan sholat, seperti sarung, mukena, dan peci karena mereka membutuhkannya untuk beribadah.

d. Faktor Psikologis saat memilih barang akan ditentukan lebih lanjut dengan pengaruh faktor psikologis, yakni: motivasi, persepsi, pengetahuan, dan kepercayaan. Contoh: saat menyimpan uang pada sistem menabung, ada dua pilihan yaitu disimpan dalam bentuk uang atau disimpan dalam bentuk emas. Individu ini berwawasan bahwa nilai emas cenderung anti inflasi dan nilainya akan terus bertambah seiring waktu, berbeda dengan uang rupiah. Lalu, ia memilih menabung dalam bentuk emas karena benefit tersebut.

Dengan informasi tersebut tentunya Anda bisa membuat infografis guna mengetahui karakteristik konsumen Anda. 

Bingung bagaimana cara untuk memperoleh informasi konsumen Anda? Umumnya, dalam mencari informasi mengenai konsumen bisa didapatkan melalui metode kuantitatif maupun kualitatif. Berikut contoh aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui konsumen Anda,

a. Penyebaran Kuesioner/Survey 

Survey yang berisi identitas singkat seperti umur, profesi, dan tempat tinggal. Infografis akan membantu Anda melakukan segmentasi pasar (pengelompokkan konsumen). Lalu, dilanjutkan pertanyaan yang Anda perlukan seperti kepuasan produk, ketidakpuasan produk, kebutuhan mendatang akan produk tersebut, masukan untuk produk, dan lain-lain menurut kebutuhan Anda. Survey lebih mudah dilakukan dengan disebarkan secara online melalui sosial media.

b. Wawancara

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun