Pendidikan dasar memiliki peran sentral dalam pembentukan pondasi kualitas sumber daya manusia suatu bangsa. Sekolah Dasar Negeri SDN Kampung Baru di Kota Cilegon merupakan salah satu lembaga pendidikan dasar yang berperan penting dalam menyiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan masa depan. Peningkatan kualitas pendidikan di SDN Kampung Baru menjadi fokus utama, dan dalam konteks tersebut, manajemen sumber daya manusia SDM dianggap sebagai faktor kunci yang dapat membentuk kinerja sekolah.Â
Peran manajemen SDM dalam konteks pendidikan telah menjadi topik utama. Menurut penelitian yang di lakukan oleh Sudarwan dan Rasyid (2018), "Manajemen SDM yang efektif di sekolah memiliki dampak positif terhadap kinerja guru dan akhirnya berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan." Hal ini menunjukkan bahwa strategi pengelolaan SDM yang baik dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif dan berdampak pada kinerja individu di dalamnya.
Di Indonesia, peran manajemen SDM dalam institusi pendidikan telah menjadi fokus penelitian. Menurut penelitian oleh Sari et al. (2020), "Pengelolaan SDM yang efisien dan efektif di lembaga pendidikan dasar dapat meningkatkan motivasi guru, meningkatkan kolaborasi tim, dan pada akhirnya memberikan dampak positif pada pencapaian siswa." Temuan ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana praktik manajemen SDM dapat mempengaruhi berbagai aspek dalam sebuah lembaga pendidikan, termasuk kinerja guru dan pencapaian siswa.Â
Kondisi ini menunjukkan bahwa peran manajemen SDM tidak hanya relevan di tingkat sekolah menengah atau tinggi, tetapi juga sangat krusial di tingkat pendidikan dasar. Oleh karena itu, penelitian ini memfokuskan pada SDN Kampung Baru di Kota Cilegon untuk mengeksplorasi bagaimana manajemen SDM dapat berperan dalam meningkatkan kinerja di lingkungan pendidikan dasar.
Selain itu, penting untuk mengakomodasi perbedaan kontekstual antar lembaga pendidikan dalam merumuskan strategi manajemen SDM. Menurut penelitian oleh Prasetyo (2019), "Tidak ada pendekatan manajemen SDM yang satu ukuran cocok untuk semua; oleh karena itu, penelitian di tingkat sekolah tertentu seperti SDN Kampung Baru dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam dan kontekstual."Â
Dengan merinci latar belakang ini, penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis secara mendalam peran manajemen SDM dalam peningkatan kinerja di SDN Kampung Baru, Kota Cilegon, dengan harapan hasilnya dapat memberikan kontribusi bagi perbaikan dan pengembangan strategi manajemen SDM di institusi pendidikan dasar di Indonesia. Metode yang digunakan dalam pendidikan dasar memainkan peran penting dalam membentuk karakter dan kemampuan siswa, dan manajemen SDM di SDN Kampung Baru diharapkan dapat menjadi elemen kunci dalam mencapai tujuan tersebut.Â
Pemahaman mendalam tentang dinamika manajemen SDM di lingkungan ini dapat memberikan pandangan yang lebih tajam terkait kendala, peluang, dan potensi perbaikan dalam upaya meningkatkan kinerja sekolah. Dalam beberapa penelitian, ditemukan bahwa penerapan manajemen SDM yang baik dapat meningkatkan efektivitas penggunaan sumber daya manusia, termasuk pemberdayaan guru dan staf pendukung. Hal ini sejalan dengan temuan penelitian oleh Sukmadinata (2017), yang menunjukkan bahwa "pengelolaan SDM yang baik di sekolah mencakup identifikasi, pengembangan, dan pemanfaatan potensi individu secara optimal, sehingga berdampak positif pada pencapaian tujuan pendidikan."
SDN Kampung Baru, penelitian ini akan mengeksplorasi implementasi kebijakan manajemen SDM, program pelatihan, serta evaluasi kinerja yang mungkin telah diterapkan. Selain itu, melibatkan stakeholder kunci seperti pengelola sekolah, guru, dan staf administrasi melalui wawancara akan memberikan sudut pandang yang holistik terhadap bagaimana manajemen SDM diaplikasikan dan direspon di dalam lingkungan pendidikan tersebut. Relevansi penelitian ini juga dapat diperkuat dengan menganalisis perbandingan antara praktik manajemen SDM di SDN Kampung Baru dengan sekolah-sekolah serupa di wilayah yang sebanding. Pendekatan ini akan memberikan kerangka pemahaman lebih luas tentang konteks dan dampak peran manajemen SDM di tingkat pendidikan dasar.
Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kebijakan dan praktik manajemen SDM di SDN Kampung Baru serta memberikan masukan konstruktif untuk sekolah-sekolah dasar lainnya di Indonesia. Secara lebih luas, temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya manajemen SDM dalam mendukung peningkatan kinerja lembaga pendidikan dasar, yang pada gilirannya akan berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan secara nasional.
Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) bukan hanya sekadar fungsi administratif, melainkan juga pendekatan strategis yang mencakup perencanaan, pengembangan, dan optimalisasi potensi manusia di dalam organisasi. Mathis dan Jackson (2011) menyoroti elemen-elemen kunci seperti perencanaan sumber daya manusia, perekrutan, seleksi, pelatihan, pengembangan, penilaian kinerja, dan kompensasi. Melalui implementasi yang tepat, manajemen SDM dapat memberikan dampak signifikan terhadap kinerja individu dan keseluruhan organisasi. Kesadaran akan pentingnya manajemen SDM yang efektif adalah landasan utama dalam mencapai tujuan organisasional dan memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan jangka panjang.
Pentingnya Manajemen SDM di Pendidikan