Semua yang mungkin terlihat sulit, bukan berarti mustahil
Tepat pada 20 Januari 2020, virus baru Covid-19 mulai menjadi perhatian masyarakat dunia. Berbagai negara mengeluarkan kebijakan untuk social distancing dan bahkan menerapkan lockdown di beberapa wilayah yang termasuk ke zona tidak aman dari Covid-19. Wabah ini pun menyebabkan perekonomian Indonesia jatuh cukup dalam hingga masuk masa krisis. Resesi ekonomi pun membayang di depan mata.
Masyarakat dipaksa memutar otak untuk mendapatkan penghasilan, salah satu alternatif yaitu digital marketing dengan memanfaatkan sosial media. Praktik digital marketing dapat terlihat dari banyaknya akun online shop atau bisnis online yang bermunculan.Â
Dilansir dari cnnindonesia.com, berdasarkan data situs agregator belanja online, iPrice, total pengunjung e-commerce local, Tokopedia, mencapai 157 juta orang pada Januari-Maret 2022. Tokopedia menjadi e-commerce yang paling diminati di Indonesia sepanjang kuartal I 2022.
Sementara Shopee, e-commerce asal Singapura, berada di urutan kedua terbanyak dikunjungi di Indonesia yang diikuti oleh Lazada, Bukalapak dan Orami.Â
Hal ini membuktikan adanya tren bisnis online di Indonesia. Bisnis online adalah usaha kegiatan perdagangan yang pendapatan penghasilannya dari penjualan secara online dan pemasarannya mengandalkan internet. Bisnis ini didominasi oleh kalangan anak muda, terutama mahasiswa.Â
Kita dapat melihat realitanya pada mahasiswa yang menjalankan bisnis online di beberapa universitas, khususnya Universitas Airlangga. Misalnya, akun facebook @unairstore dan akun instagram @unair.store menyediakan wadah bagi yang ingin membeli barang ikon Universitas Airlangga.
Alasan dan Pertimbangan
Ada beberapa alasan bisnis online terlihat menarik bagi mahasiswa. Pertama, untuk memulai suatu bisnis online hanya membutuhkan modal yang relatif minim.Â
Kebanyakan orang takut untuk menggeluti sebuah bisnis karena perlu mengeluarkan modal yang cukup besar. Memulai bisnis online dapat menjadi pilihan yang tepat. Kedua, adanya jangkauan akses yang luas dan kemudahan dalam melakukan promosi.Â