Pembelajaran daring menjadi dilema bagi para pendidik, khususnya pendidik anak usia dini. Banyak kekhawatiran yang dirasakan dan salah satu kehkawatirannya adalah bagaimana anak dapat tetap mencapai tugas perkembangan dengan berbagai problematika yang ada, diantaranya rasa jenuh pada anak karena pembelajaran yang dilakukan di rumah.Â
Dengan adanya pelaksanakan KKN UPI secara daring menjadi salah satu langkah dalam membantu para pendidik menghadapi problematika yang ada.
Media dalam pembelajaran anak usia dini sangat diperlukan, untuk membantu pendidik menstimulus tugas perkembangan anak. Dengan kegiatan pembelajaran daring maka penggunaan media digital menjadi salah satu langkah untuk membantu jalannya kegiatan pembelajaran. Anak usia dini sendiri dalam kegiatan pembelajaran harus tetap berorientasi pada kegiatan bermain.
maka dari itu, mahasiswa KKN UPI membuat media pembelajaran berbentuk alat permainan digital. Dimana permainan mengenalkan nama, suara, dan bentuk dari hewan berkaki empat. Alat permainan dirancang dengan tujuan untuk menstimulus tugas perkembangan anak khususnya perkembangan kognitif dan bahasa. Akan lebih bermakna apabila terdapat interaksi antara anak dan orangtua ketika sedang menggunakan alat permainan digital ini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H