Mohon tunggu...
Ani Wahyuningsih
Ani Wahyuningsih Mohon Tunggu... -

Nama : Ani Wahyuningsih Kutipan : Jangan pernah meremehkan diri sendiri.jika kamu tak bahagia dengan hidupmu,perbaiki apa yang salah,dan teruslah melangkah.

Selanjutnya

Tutup

Catatan

My Experience Studied Match With Wingeom And Cabri 3D

18 Mei 2014   18:32 Diperbarui: 23 Juni 2015   22:24 239
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamualaikum wr,wb.

Halo guys,perkenalkan nama saya Ani Wahyuningsih dari kelas XI_TKIA sekolah SMK N 1 Wanareja.

Disini saya akan berbagi sedikit tentang pengalaman saya selama belajar matematika menggunakan aplikasi wingeom dan cabri 3D.

Teman-teman semua terutama bagi pemula pasti bingung dan bertanya-tanya apa sih wingeom itu? dan apa fungsinya?

Wingeom merupakan sebuah perangkat lunak komputer matematika dinamik yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran

geometri. Software ini dapat digunakan untuk menggambar obyek-obyek geometri yang berupa titik,garis,bidang,baik dalam

dalam geometri dimensi 2 maupun geometri dimensi 3.

Pertamanya saya juga bingung bagaimana cara menggunakan aplikasi ini,tapi setelah diajari oleh guru matematika saya yaitu

Bapak Lukas Sumarno,kini saya sudah sedikit bisa menggunakan software tersebut.

Tampilan awal wingeom

Selain wingeom ada juga aplikasi lain yaitu cabri 3 D.

Cabri 3D merupakan software geometri interaktif . Software ini merupakan pengembangan dari software geometri Cabri II.

Cabri 3D tidak hanya digunakan sebagai software yang mempresentaikan matematika secara geometri tetapi juga dapat digunakan

secara umum untuk membangun kemudahan bermatematika dengan memunculkan bentuk-bentuk yang menyerupai keaslian dari berbagai model.

14003835522115713565
14003835522115713565
Cabri 3D

[caption id="attachment_324252" align="alignnone" width="407" caption="Cabri"]

14003839071607560554
14003839071607560554
[/caption]

Dan ini adalah contohnya:

Membentuk jaring-jaring sebuah kubus.

1. Kilik Regular Tetrahedron lalu pilih cube.Untuk membentuk kubus pada bidang,klik sembarang titik pada bidang kemudian tarik.Kubus dapat di edit dengan mengembalikan kursor.

1400384096445996693
1400384096445996693

2. Untuk membuka kubus (melihat jaring-jaring),klik Open Polyhedron lalu tarik (buka) kubus perlahan dengan menarik kursor.

14003841912110368441
14003841912110368441

Dalam menggunakan kedua software tersebut saya menemukan berbagai macam kesulitan karena software tersebut masih terlau asingbagi saya.

Saya belum begitu tahu betul tentang tool-tool yang ada dan untuk apa too-tool tersebut teruama tool-tool yang ada pada progra cabri 3D.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun