Mohon tunggu...
Anita Zahra
Anita Zahra Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa-Mahasiswa S1 PGPAUD UPI Tasikmalaya

Seorang mahasiswa yang sedang beljar memahmi bagaimana perkembangan yang baik bagi anak usia dini

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Orangtua dalam Mendukung Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini

24 Oktober 2023   21:14 Diperbarui: 24 Oktober 2023   21:24 201
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bahasa merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan anak usia dini. Melalui bahasa, anak dapat mengekspresikan diri, berkomunikasi dengan orang lain, dan memahami dunia sekitarnya. Selain itu, bahasa juga merupakan pintu gerbang utama untuk memahami dunia literasi, pengetahuan, dan pembelajaran. Bahasa yang baik juga memiliki dampak yang mendalam pada kemampuan berpikir kritis dan kreatif anak (Anggraini, 2021). Ketika anak memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik, mereka dapat mengekspresikan gagasan, merumuskan pertanyaan, dan menggali informasi dengan lebih efektif. Kemampuan ini sangat penting dalam pengembangan keterampilan berpikir analitis, evaluatif, dan solusi-problem yang akan mereka butuhkan sepanjang hidup mereka. Selain itu, bahasa yang kuat juga memungkinkan anak untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Kemampuan anak untuk mengikuti instruksi, bertanya pertanyaan, dan berpartisipasi dalam diskusi kelas sangat penting dalam pengalaman pendidikan mereka. Ini memungkinkan mereka untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang materi pelajaran, memecahkan masalah, dan berinteraksi dengan guru dan teman sekelas (Brantasari, 2022).

Dalam essay ini, kami akan menjelajahi lebih dalam tentang peran orang tua dalam mendukung perkembangan bahasa anak usia dini. Kami akan membahas strategi yang dapat digunakan oleh orang tua untuk menciptakan lingkungan bahasa yang memadai, mendorong interaksi bahasa positif, serta memberikan dukungan dan responsifitas yang tepat. Kami juga akan membahas pentingnya pemahaman orang tua terhadap perkembangan bahasa anak dan bagaimana mereka dapat mencari dukungan tambahan jika diperlukan.

Bertanya pertanyaan adalah cara yang efektif untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang topik pembelajaran. Anak yang fasih dalam berbahasa dapat dengan percaya diri mengemukakan pertanyaan, meminta klarifikasi, dan mencari jawaban yang mereka butuhkan. Ini membantu mereka aktif dalam proses belajar dan meningkatkan pemahaman mereka. Partisipasi dalam diskusi kelas juga memiliki manfaat besar. Anak yang nyaman dalam berbicara dan berkomunikasi dengan teman sekelas dan guru lebih mungkin berbagi pemikiran, ide, dan pandangan mereka. Ini tidak hanya meningkatkan pengalaman kelas mereka, tetapi juga memperkaya diskusi dan memungkinkan pertukaran gagasan yang bermanfaat.

Dengan kata lain, bahasa yang baik bukan hanya alat komunikasi, tetapi juga fondasi untuk pengembangan berbagai keterampilan intelektual dan akademik yang penting dalam perkembangan anak.. Anak yang memiliki dasar bahasa yang kuat akan lebih mudah menyerap pengetahuan dari berbagai sumber, termasuk buku, guru, dan pengalaman sehari-hari.Bahasa juga memainkan peran kunci dalam hubungan sosial anak. Kemampuan berkomunikasi dengan baik memungkinkan anak untuk membentuk hubungan yang positif dengan teman sebaya, keluarga, dan orang dewasa. Ini membantu dalam mengembangkan keterampilan sosial, empati, dan resolusi konflik.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua dan pendidik untuk mendukung perkembangan bahasa anak sejak usia dini. Dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk berbicara, mendengarkan, dan berinteraksi, kita membantu mereka membangun pondasi yang kuat untuk keberhasilan mereka di masa depan.. Proses perkembangan bahasa ini tidak hanya bergantung pada individu anak itu sendiri, tetapi juga dipengaruhi oleh lingkungan, termasuk peran orang tua. Dalam beberapa tahun terakhir, perhatian terhadap peran orang tua dalam mendukung perkembangan bahasa anak usia dini semakin meningkat. Para peneliti dan praktisi pendidikan semakin menyadari betapa pentingnya interaksi bahasa yang positif antara orang tua dan anak sejak usia dini. Orang tua memiliki peran yang krusial dalam membantu anak mengembangkan keterampilan bahasa yang kuat dan mendukung perkembangan kemampuan berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis.

Perkembangan bahasa anak usia dini membutuhkan lingkungan yang kaya akan bahasa dan kesempatan untuk berinteraksi dengan orang yang berpengalaman dalam berkomunikasi. Orang tua memiliki kesempatan unik untuk membentuk pengalaman bahasa anak melalui percakapan sehari-hari, cerita sebelum tidur, menyanyi, membaca buku, dan bermain permainan bahasa. Melalui interaksi ini, anak dapat memperluas kosakata, belajar memahami kalimat yang lebih kompleks, dan mengekspresikan pikiran dan perasaan mereka dengan lebih baik. Orang tua yang secara aktif terlibat dalam berbicara, membaca, dan berinteraksi dengan anak-anak mereka membantu menciptakan lingkungan yang kaya dalam pengembangan keterampilan berbahasa. Dengan demikian, peran positif orang tua dalam perkembangan bahasa anak adalah kunci dalam menciptakan fondasi yang kokoh untuk komunikasi dan keterampilan berbicara yang baik.

Namun, perkembangan bahasa anak usia dini bisa menjadi tantangan bagi beberapa orang tua. Terkadang, orang tua mungkin menghadapi kendala dalam mengakomodasi kebutuhan bahasa anak mereka. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mencari sumber informasi dan dukungan yang diperlukan untuk membantu mereka memahami dan mendukung perkembangan bahasa anak. Melalui pendidikan dan partisipasi dalam program pendukung perkembangan bahasa anak, orang tua dapat memenuhi peran mereka sebagai fasilitator utama dalam perkembangan bahasa anak usia dini.

DAFTAR PUSTAKA

Anggraini, N. (2021). Peranan Orang Tua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 43. https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9741

Brantasari, M. (2022). Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 42--51. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.119

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun