Mohon tunggu...
Anita Oksa Dian Maharani
Anita Oksa Dian Maharani Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa Universitas Sebelas Maret

Seorang mahasiswa yang masih mencari jati diri dengan mencoba melakukan berbagai hal baru.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Modul Ajar Penjumlahan Dasar Kelas 1 Kurikulum Merdeka

18 Desember 2023   23:01 Diperbarui: 18 Desember 2023   23:55 487
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth


MODUL AJAR KELAS 1 SD FASE A KURIKULUM MERDEKA

Informasi Umum 

  • Identifikasi Sekolah

Penyusun                          : Anita Oksa Dian Maharani

Sekolah                              : SD Negeri 1 Banyuagung

Mata Pelajaran               : Informatika

Kelas/ Semester             : 1 / Gasal

Fase                                     : A

Materi Pokok                   : Penjumlahan

Alokasi Waktu                 : 1 Minggu x 4 jam pelajaran @ 35 Menit

Jumlah Peserta didik   : Maksimal 28 Siswa

Target Peserta didik     : Reguler

Model Pembelajaran    : Problem Base Learning (PBL)

 

  • Kompetensi Awal 

1. Peserta didik dapat mengenal angka dari 1 sampai 10.

2. Peserta didik dapat mengurutkan bilangan dari 1 sampai 10.


  • Profil Pancasila 

Pada kegiatan pembelajaran ini akan dilatihkan dimensi profil pelajar pancasila tentang :

  • Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia

melatih peserta didik berdoa sebelum dan sesudah belajar.

  • Berkebinekaan global

tidak membeda-bedakan teman ketika pembentukan kelompok diskusi atau praktikum.

  • Mandiri

Menekankan supaya tidak ketergantungan pada teman saat melaksanakan kegiatan pembelajaran.

  • Bergotong royong

Melatih peserta didik untuk saling membantu bekerjasama dalam kelompok saat melaksanakan kegiatan praktikum, diskusi, maupun presentasi hasil kerja kelompok.

  • Bernalar kritis

Memberikan pertanyaan-pertanyaan dalam peristiwa kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan topik materi.

  • Kreatif

Melatih peserta didik berinovasi dalam mengajukan ide yang berhubungan dengan topik materi.

 

  • Sarana & Prasarana

LCD

Proyektor

Laptop

Jaringan Wifi

Buku Guru & Buku Siswa kelas 1 serta sumber dari referensi lain

Buku Guru : uns.id/bukpakGuruMatematika

Buku Siswa : uns.id/BukpakSiswaMatematika

Barang yang ada di kelas

  • Target Peserta Didik 

Peserta didik Reguler


  • Model Pembelajaran

Tatap Muka dengan model Problem Based Learning

           

Komponen INTI

  • Capaian Pembelajaran

Peserta didik mampu menghitung bilangan hingga 10 dan mampu mengidentifikasi jumlah bilangan dengan benda konkrit hingga bilangan 10.

Peserta didik mampu membaca, menulis rumus dan menggunakan tanda dan simbol penjumlahan.

Peserta didik mempu memahami & mengimplementasikan penjumlahan dasar dengan benda di kehidupan sehari -- hari.

 

  • Tujuan Pembelajaran 

Peserta didik memahami konsep penjumlahan dasar dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari -- hari.

Peserta didik mampu mengidentifikasi situasi di kehidupan sehari hari yang menggunakan ataupun memerlukan konsep penjumlahan.

Peserta didik mampu menghitung hasil penjumlahan dasar 1-10 dengan benar menggunakan benda di sekitar mereka.

  • Asesmen

Pengetahuan : Tes tulis

Sikap : Observasi


  • Pemahaman Bermakna

Dengan melakukan kegiatan ini diharapkan peserta didik dapat menghitung bilangan hingga 10 dan mampu mengidentifikasi jumlah bilangan menggunakan benda.

Dengan melakukan kegiatan ini diharapkan peserta didik dapat memahami fenomena sehari hari yang menggunakan ataupun memerlukan konsep penjumlahan.

  • Pertanyaan Pemantik

Gambar apakah ini ?

Berapa jumlah benda ini ?

Lebih banyak benda ini atau itu ?

Apakah perbedaan ukuran benda mempengaruhi jumlahnya ?


  • Langkah -- Langkah Pembelajaran

Tahap

Kegiatan Inti

Media / Alat Peraga

 

 

Pendahuluan

10 menit


  • Guru membuka pembelajaran dengan salam maupun sapa dilanjutkan berdoa sebelum belajar yang dipimpin salah satu siswa. 
  • Guru mengecek kehadiran siswa.
  • Guru mengingatkan kepada siswa untuk selalu mengutamakan sikap disiplin maupun sikap -- sikap sesuai profil Pancasila sebelumnya.
  • Guru mengulang sekilas Pelajaran minggu lalu dan menjelaskan capaian belajar saat ini.

Excel untuk

merekap

kehadiran siswa.

 

 

 

Kegiatan Inti

50 menit

Orientasi peserta didik pada masalah

  • Guru menjelaskan masalah yakni apa keterkaitan antara angka yang mereka pelajari dan benda -- benda di sekitar
  • Guru menjelaskan kepada siswa mengenai prolog konsep penjumlahan yang ada di kehidupan sehari hari. (minta siswa sambal membuka buku paket halaman 43)
  • Guru memberi contoh lain dan meminta beberapa siswa maju kedepan untuk membantu mempraktikkan.

Mengorganisasi peserta didik untuk belajar


  • Guru Membagi siswa kedalam beberapa kelompok.
  • Minta Siswa untuk mengambil beberapa benda disekelilingnya yang sejenis 
  • Minta Siswa untuk menghitugnya benda yang diambilnya.

Membimbing penyeledidikan individu maupun kelompok


  • Minta siswa untuk menggabungkan benda yang dimilikinya dengan teman lain kemudian menghitungnya Kembali secara Bersama sama kemudian berdiskusi mengenai arti penjumlahan

Mengembangkan dan Menyajikan Hasil

  • Guru memfasilitasi setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya Bersama teman sekelompok.
  • Menganalisis dan Mengevaluasi proses pemecahan masalah
  • Bersama siswa guru menyimpulkan hasil diskusi yang didapat siswa. Dan menjelaskan mengenai konsep tentang penjumlahan
  • Guru membagikan LKPD dan menjelaskan petunjuk pengerjaan dan contoh.
  • Siswa mengerjakan LKPD sampai waktu kegiatan Inti habis.

- video Yt

- Benda yang ada di sekitar siswa, seperti puplen, pensil dsb

- PPT Materi Ajar

- Buku Paket

 

 

Kegiatan Penutup

10 menit

  • Guru menyimpulkan poin poin dari Pelajaran yang telah disampaikan
  • Guru menjawab pertanyaan dari siswa jika ada.
  • Guru menutup Pelajaran dengan pesan penyemangat dan salam.

PPT Materi Ajar







Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun