REFLEKSI PEMBELAJARAN
PEMANFAATAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN CANVA
PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IXÂ
TAHUN PELAJARAN 2022/ 2023
By Anita Deta,S.Pd
Â
       Refleksi adalah kegiatan yang dilakukan dalam proses belajar mengajar dalam bentuk penilaian tertulis dan lisan oleh guru untuk siswa dan oleh siswa untuk guru untuk mengekspresikan kesan konstruksif, pesan, harapan, dan kritik terhadap proses pembelajaran.
Dengan adanya refleksi, akan diperoleh informasi positif tentang bagaimana guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, serta menjadi bahan sejauh mana hasil belajar tercapai.
Aktivitas refleksi ini dapat digunakan untuk peninjauan pada suatu kelas sehingga mendapatkan gambaran kondisi dari sebuah kelas. Hal ini membuat potensi setiap individu dan sebuah grup bisa lebih terlihat.
Refleksi adalah kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kegiatan evaluasi yang berlanjut dan berjenjang. Sementara untuk siswa, kegiatan refleksi bisa berguna untuk menyalurkan ungkapan dari proses pembelajaran yang berlangsung dan dilakukan. Apakah proses pembelajaran berlangsung baik atau tidak.
Dalam Setiap kegiatan pembelajaran guru akan membutuhkan beberapa perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran itu antara lain: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, LKPD (Lembar Kerja peserta didik), Media pembelajaran dan perangkat evaluasi pembelajaran. Pada kesempatan ini saya akan  akan membahas tentang media pembelajaran. Menurut saya media pembelajaran dalam kegiatan atau proses belajar mengajar sangat penting, karena tanpa ada media kegiatan belajar terutama dalam penyampaian materi tidak bisa berlangsung dengan baik dan menyenangkan.
Media pembelajaran sangat dibutuhkan oleh seorang guru sebagai alat meyampaikan materi kepada siswa agar materi itu bisa dengan mudah di pahami oleh peserta didik. Selain itu dengan adanya media pembelajaran: proses belajar mengajar menjadi mudah dan menarik sehingga siswa dapat mengerti dan memahami pelajaran dengan mudah, efisiensi belajar siswa dapat meningkat karena sesuai dengan tujuan pembelajaran, membantu konsentrasi belajar siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik
       Permasalahan yang sering dialami adalah Guru masih belum bisa membuat media pembelajaran interaktif yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga Peserta didik mengalami penurunan dalam keaktifan, karena tidak ada media pembelajaran yang menarik dan Media pembelajaran yang monoton membuat pembelajaran tidak belangsung seperti yang diinginkan.
Media pembelajaran ini saya gunakan untuk pembelajaran yaitu Canva. Menurut saya dengan adanya media pembelajaran ini sangat mempermudah guru dalam mengajar, siswa juga terlihat lebih senang mengikuti pembelajaran yang disampaikan dengan media yang menarik, Rasanya berbeda sekali mengajar dengan menggunakan media yang menarik untuk siswa dibandingkan dengan kegiatan mengajar yang hanya ceramah dan mengandalkan buku paket. Pengalaman mengajar yang saya rasakan ketika kita mengajar dengan menggunakan media yang menarik perhatian siswa dan media yang sesuai dengan materi yang diajarkan tentunya proses pembelajaran akan lebih bermakna.