Mohon tunggu...
Anita Widyastuti
Anita Widyastuti Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru dengan hobi olahraga dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Literasi Digital SD Negeri 2 Pagutan

27 Agustus 2023   01:00 Diperbarui: 27 Agustus 2023   01:32 116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PROGRAM LITERASI DIGITAL YANG DILAKSANAKAN DI SD NEGERI 2 PAGUTAN

Literasi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan sebuah informasi. Keterampilan literasi yang baik menjadi dasar penting dalam memahami dan menginterpretasikan informasi yang dibaca. Melalui program literasi juga dapat mendorong siswa untuk berkreatifitas, berimajinasi, dan juga berpikir secara kritis. Program literasi juga memiliki dampak yang positif dalam pengembangan keterampilan sosial dan emosional siswa. Siswa diajarkan untuk berkomunikasi, berkolaborasi, dan juga bekerja dalam sebuah tim. Saat ini kegiatan literasi sudah semakin berkembang dan terbagi ke dalam beberapa bentuk literasi, salah satunya adalah literasi digital. Melalui program literasi yang dilaksanakan sekolah ini juga dipersiapkan agar siswa mampu menghadapi era digital yang semakin berkembang. Melalui literasi digital sangat membantu siswa dalam menguasai keterampilan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi serta memberikan manfaat dalam jangka panjang bagi perkembangan siswa di berbagai aspek kehidupan. Maka dari itu SD Negeri 2 Pagutan mencoba melaksanakan sebuah inovasi program dalam bentuk digital yaitu Program Literasi Digital Satu Minggu Satu Karya “PROLIGA 1MIKA”. 

Pelaksanaan program :

  1. Program ini ditujukan untuk siswa SD Kelas 4-6 
  2. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Senin-Sabtu kecuali hari Jumat. Dengan memilih buku bacaan yang diminati dan dibaca selama 10 menit kemudian membuat karya dari hasil literasi tersebut dengan memberi kebebasaan untuk menentukan produk literasi yang akan dihasilkan (misal cergam, dongeng, puisi, pantun, dsb)
  3. Proses pembuatannya bisa menggunakan aplikasi canva, ms. word, dsb sesuai kemampuan siswa.
  4. Hari Sabtu karya yang dihasilkan dikumpulkan kepada guru untuk diubah ke bentuk pdf dan di unggah pada aplikasi anyflip milik sekolah.
  5. Selanjutnya link akan dibagikan pada masing-masing WAG kelas agar semua bisa mengakses.

Manfaat program :

  1. Memberi kesempatan kepada murid untuk belajar nilai-nilai ketekunan dan kerjakeras melalui kegiatan membaca, menulis dan meceritakan kembali
  2. Menumbuhkan minat dan motivasi murid untuk lebih kreatif dan berinovasi dalam menghasilkan karya literasi.
  3. Selain itu, melalui kegiatan ini murid akan belajar tentang manfaat positif dari telknologi digital.

Dengan adanya inovasi ini minat literasi anak mengalami peningkatan, anak terlihat sangat  antusias sekali dalam kegiatan literasi karena potensi mereka dapat tergali berdasarkan suara (voice), piihan (choice) dan juga kepemilikan (ownership). Sehingga mereka dapat berinovasi  dan berkreasi sesuai dengan minat masing-masing. Dengan begitu hasil karya yang mereka hasilkan dapat dijadikan koleksi karya yang bermanfaat yang dapat diunggah di aplikasi anyflip sehingga sekolah dapat memiliki perpustakaan digital sendiri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun