Mohon tunggu...
Anita WahyuYulianti
Anita WahyuYulianti Mohon Tunggu... Guru - Guru

Membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

19 Januari 2023   20:46 Diperbarui: 19 Januari 2023   20:52 147
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Keterbatasan jumlah buku pendamping pembelajaran Ekonomi yang digunakan siswa dan guru kelas X pada mata pelajaran Ekonomi menjadikan kegiatan pembelajaran di kelas berlangsung kurang optimal. Hal ini menyebabkan proses pembelajaran menjadi monoton dan lebih berfokus pada gaya mengajar guru (teacher centered).

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh Penulis, banyak dari siswa kelas X yang merasa kurang termotivasi untuk belajar Ekonomi karena kurangnya buku pendamping materi ekonomi, siswa menganggap kalau tidak dapat memiliki bahan ajar yang sesuai dengan materi pembelajaran atau yang mereka browsing di internet, siswa mengalami kesulitan saat akan mempelajari lagi materi dirumah, akibatnya membuat motivasi belajar siswa menjadi kurang.

Saat masa pandemi Covid mulai mereda dan ada kebijakan pembelajaran kembali dilaksanakan secara tatap muka awal motivasi belajar siswa kurang karena mereka masih terpengaruh pembelajaran daring yaitu lebih senang bermain hp untuk game daripada pembelajaran, karena hal tersebut untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang kurang guru dapat menggunakan variasi model pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan kurangnya motivasi belajar siswa  adalah dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournaments. Pemilihan model pembelajaran ini dinilai dapat meningkatkan kreatifitas dan motivasi belajar siswa karena model pembelajaran ini melibatkan seluruh aktivitas siswa tanpa memandang perbedaan status sehingga menciptakan kondisi kelas yang menarik dan menyenangkan.

Penerapan model pembelajaran  Teams Games Tournaments untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Guru menyampaikan materi pembelajaran, tujuan pembelajaran, pokok materi dan penjelasan singkat terkait LKPD dengan pengajaran langsung atau metode ceramah.
  • Guru membagi siswa di kelas menjadi kelompok-kelompok kecil dengan anggota antara 4 sampai 5 orang, kelompok yang telah terbentuk bertugas mempelajari lembar kerja. Kegiatannya berupa mendiskusikan masalah-masalah, membandingkan jawaban, memeriksa, dan memperbaiki kesalahan-kesalahan konsep temannya jika teman satu kelompok melakukkan kesalahan.
  • Permainan dimainkan oleh 3 orang siswa yang mewakili tim atau kelompoknya masing-masing, siswa memilih kartu bernomor dan mencoba menjawab pertanyaan yang sesuai dengan nomor tersebut siswa yang menjawab benar akan mendapat skor yang nantinya dikumpulkan untuk turnamen.
  • Kegiatan ini dilakukan dengan cara  setelah guru melakukan presentasi kelas dan kelompok sudah mengerjakan lembar kerja yang disediakan. Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok. Tiga siswa dengan pencapaian yang paling baik dikelompokkan pada meja I, tiga peserta didik selanjutnya pada meja II, dan seterusnya.
  • Team Recognition Guru mengumumkan kelompok yang menang setelah mengikuti tournament, masing-masing kelompok akan mendapat hadiah apabila rata-rata skor memenuhi kriteria yang telah ditentukan.

Pembelajaran materi Ekonomi dengan mengunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) menjadikan siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pelajaran, karena dalam pembelajaran ini guru menyajikan sebuah penghargaan pada siswa atau kelompok terbaik dan dapat menghidupkan interaksi antar siswa maupun interaksi antara guru dan siswa sehingga pembelajaran menarik dan menyenangkan.

Model pembelajaran Teams GamesTournament efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mapel ekonomi terutama kelas X karena siswa merasa senang model pembelajaran dan teknik yang digunakan pembelajaran. Karena dengan model pembelajaran Teams Games Tournaments selain siswa paham materi yang yang dijelaskan guru, juga dapat menumbuhkan rasa kebersamaan, saling menghargai sehingga motivasi siswa untuk belajar meningkat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun