anissa dyah savitri

Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya Semester 1 Nim : 2130021030

Perjalanan KTS ke Yogyakarta

13 Oktober 2021   09:04 Diperbarui: 14 November 2021   12:14 186

Pada akhir September tepatnya pada tanggl 30 September 2019 sekolah saya mengadakan kegiatan tengah semester atau yang sering disebut juga dengan KTS. Kegiatan kali ini akan diadakan di Yogyakarta selama 3 hari 2 malam. Sekolah menyiapkan bis untuk sekitar 6 kelas, mulai IPA 1-4 dan IPS 1-2. Saat itu saya sangat senang karena bisa keluar kota dengan teman-teman meskipun terdapat tugas yang diberikan oleh sekolah. Sekolah memberikan beberapa tugas, kami diberi kertas untuk di isi. Untuk pengumpulannya dilakukan jika sudah sampai di Surabaya.

Untuk jadwal berangkat wakil kepala sekolah memberitahukan jam 9 malam sudah harus berkumpul. Sehari sebelum berangkat menuju Yogtakarta, kami semua di arahkan ke aula untuk mempersiapkan barang apa saja yang akan di bawa dan di perlukan. Kami juga di beri arahan kegiatan apa saja yang akan dilakukan disana. Nantinya kami disana akan menginap di salah satu hotel di Yogyakarta. Saya dan teman-teman tidak sabar untuk sampai di sana.

Sesampainya di sekolah saya langsung menemui teman-teman saya. Terlihat wajah teman-teman saya yang tidak sabar untuk berangkat. Guru pendamping sudah memberitahukan untuk bis dan tempat duduknya. Setelah semua berkumpul, guru pendamping mengarahkan  untuk pergi ke bis. Kami memasukkan semua barang bawaan ke bagasi bis, lalu menaiki bis untuk mencari tempat duduk yang sudah ditentukan. Saat itu saya duduk bersama teman sebangku saya.

Setelah perjalanan beberapa jam akhirnya kami sampai di rumah makan. Kami akan sarapan disana tapi karena rombongan kami datang terlalu cepat makanan belum tersedia. Akhirnya saya dan teman-teman saya bersiap untuk mandi dan sholat shubuh. Jam 06:30 makanan sudah siap, guru pendamping mengarahkan kami untuk segara mengambil makanan dan bersiap untuk ke tempat selanjutnya. Dijadwal sekolah tempat yang akan kami tuju selanjutnya adalah candi Prambanan..

Akhirnya kami sampai di candi Prambanan yang terletak di Bokoharjo. Disana kami mengelilingi untuk melihat-lihat candi Prambanan. Candi Prambanan terdiri dari 3 candi trimurti, 3 candi wahana, dan 2 candi apit. Tak lupa kami juga berswafoto untuk mengabadikan keindahan candi Prambanan ini. Setelah ini kami akan ke tebing breksi untuk melihat pemandangan disana.

Perjalanan dari candi Prambanan menuju tebing breksi tidak terlalu lama sekitar 20 menit. Tebing breksi terletak di desa sambirejo, pemandangan disini sangat indah. Saya dan teman-teman menyempatkan untuk foto. Sayangnya rombongan kami tidak terlalu lama berhenti di tebing breksi. Tempat selanjutnya yang dituju adalah gua pindul. Di gua pindul kami akan melakukan susur sungai.

Di gua pindul kami melakukan susur sungai dilakukan dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai. Gua pindul ini menjadi salah satu tempat wisata favorit. Di gua pindul kami juga sempat makan siang, makanan ini sudah disiapkan oleh pihak sekolah. Setelah selesai bermain air di gua pindul rombongan kami melanjutkan perjalanan ke hotel. Sekolah sudah memesan favehotel Kusumanegara.

Satu kamar hotel di isi 4 orang anak, setelah masuk ke kamar hotel kami semua mempersiapkan barang-barang yang akan digunakan besok. Di jadwal kami akan melakukan kunjungan ke Universitas Gadjah Mada. Besoknya kami bersiap untuk berangkat ke UGM sebelum itu kami sarapan terlebih dahulu. Sampai disana kami melakukan pembicaraan tentang UGM dan perkuliahan.

Setelah itu kami semua pergi ke Gedung Agung, disana kami dijelaskan apa saja yang ada di dalam Gedung Agung. Lalu guru pembimbing mengarahkan kami menuju benteng Vredeburg disana kami menyelesaikan tugas yang belum selesai. Setelah istirahat, kami melanjutkan ke Malioboro disana kami dipersilahkan untuk jalan-jalan. Saya dan teman-teman mengelilingi Malioboro untuk berbelanja oleh-oleh. Setelah berbelanja kami kembali ke bis untuk perjalanan pulang ke Surabaya.

nama : anissa dyah savitri

nim : 2130021030

prodi : S1 Kesehatan Masyarakat

universitas : Universitas Nahdaltu Ulama Surabaya (UNUSA)