Refleksi Diri tentang Pemikiran Ki Hajar Dewantara
Ani Septiorini
CGP. A10
Refleksi Kritis
- Apa yang anda ketahui tentang pemikiran KHD mengenai pendidikan dan pengajaran?
- Apa relevansi pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah Anda secara khusus?
- Apakah Anda merasa sudah melaksanakan pemikiran KHD dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru?
Jawaban
Salah satu tokoh pendidikan di Indonesia yang sangat terkenal dan memiliki pemikiran yang sangat maju adalah Ki Hajar Dewantara. Beliau dapat menjadi teladan bagi guru-guru di Indonesia yang ingin memajukan pendidikan, serta ingin menjadi pemimpin pengajaran. Ki Hajar Dewantara mengajarkan bahwa pendidikan merupakan usaha persiapan untuk segala kepentingan manusia ketika mereka berada di masyarakat. Pemikiran beliau juga menegaskan bahwa ketika kita menjadi pemimpin pengajaran supaya mendidik siswa sesuai dengan kodrat, minat bakat, dan sesuai dengan jamannya. Harapannya adalah siswa dapat merasakan kemerdekaan dalam belajar.
Relevansi pemikiran Ki Hajar Dewantara dengan konteks Pendidikan Indonesia saat ini yaitu siswa dituntun, didorong, dan diberikan teladan sesuai dengan bakat dan minatnya, serta sesuai dengan keberagaman yang dimilikinya, sehingga siswa merasakan pembelajaran yang menyenangkan tanpa ada tekanan dan intervensi dari guru. Selain pembelajaran yang menyenangkan juga pembentukan karakter dari siswa seperti menumbuhkan keimanan dan ketakwaan, dan memiliki akhlak yang baik. Pemikiran KHD juga sangat relevan dengan sekolah tempat saya mengajar yaitu penerapan kurikulum merdeka dimana menegdepankan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan menyenangkan, serta penguatan pendidikan karakter melalui berbagai kegiatan seperti budaya sekolah.
Saya merasakan adanya kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru dengan melaksanakan pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Sebagai contoh, pada saat melaksanakan pembelajaran tidak lagi terpaku pada buku teks yang harus diselesaikan dalam waktu satu semester, guru diberi kebebasan dalam hal materi. Guru hanya diharapkan mencapai Tujuan Pembelajaran yang telah dibuat. Dan adanya refleksi diakhir pembelajaran supaya tujuan pembelajaran dapat dicapai secara maksimal.
Harapan dan Ekspektasi
- Apa saja harapan yang ingin anda lihat pada diri anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?
- Apa saja harapan anda yang ingin anda lihat pada murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?
- Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?
Jawaban
Setelah medapatkan materi dan mempelajari modul ini harapan saya adalah ingin menjadi pendidik yang mampu memberikan pembelajaran yang menyenangkan, sesuai dengan minat bakat siswa dan tentunya menjadi pendidik yang berkualitas. Pendidik yang selalu dirindukan siswanya ketika tidak berada dikelas.