Teknologi digital telah menjadi fasilitas utama bagi segala aktivitas maupun berbagai sektor dalam kehidupan, teknologi digital utamanya teknologi informasi memberikan pengaruh yang sangat besar untuk perubahan mendasar dalam suatu menejemen organisasi. Peran dan pengaruh  teknologi digital secara tidak langsung telah membuat bisnis oline semakin berkembang .Seperti hal nya para pelaku UMKM, sejak terjadinya wabah pandemi dan diberlakukanya lockdown diberbagai wilayah diseluruh Indonesia yang mengakibatkan tingkat konsumsi masyarakat menjadi berkurang membuat para pelaku UMKM banyak yang mengalami kebangkrutan, akan tetapi dengan adanya teknologi digital sebagai sarana informasi diharapkan para pelaku UMKM dapat memahami dan melihat peluang  dan keuntungan dalam dunia bisnis online untuk memasarkan produk dan jasanya dimasa seperti sekarang ini, akibat dari Covid-19 yang membuat perekonomian semakin tergoncang, dan  sektor yang sangat merasakan dampak adanya pandemi ini yakni sektor UMKM, untuk itu para pelaku umkm dituntut untuk terus berinovasi dan dapat memaksimalkan peluang yang ada dengan sebaik mungkin agar bisa bangkit dari keterpurukan. Pengaruh dan peran teknologi digital terhadap kehidupan manusia sangat penting terutama didalam meningkatkan perekonomian ditengah krisis yang terjadi akibat pandemi, teknologi digital yang termasuk didalamnya teknologi informasi berperan sebagai sarana transaksi dua elemen bisnis online dalam memasarkan secara luas batik tulis tanjungbumi yakni dalam memberikan fasilitas media berupa internet. Web yang disediakan sebagai tempat konsumen memilih barang-barang yang diinginkan, kemudian pada transaksi ini pun dibutukan teknologi lain untuk mendukung bisnis online tersebut. Yaitu dibutuhkan teknologi komunikasi telepon untuk media komunikasi, bank (media pembayaran konsumen dan produsen), agen pengiriman seperti pos Indonesia. Tanjungbumi merupakan salah satu kecamatan yang tidak jauh dari kota sehingga mudah untuk di akses. Hal itulah yang dapat membuat teknologi mampu berperan aktif dan memberikan pengaruh dalam perkembangan bisnis online. Kemudahan ini yang akan kita dapat apabila kita memasarkan produk secara online atau bisnis online.
Sedangkan media digital marketing yang biasa digunakan untuk usaha adalah:
1.Website,seperti link shoope atau tempat menyebar luaskan informasi produk, media promosi maupun jual beli secara online.
2.Content marketing  membuat kemasan produk baik berupa artikel, foto dan video yang akan diposting dimedia sosial.
3.Sosial media,seperti Instagram dan whasApp web media jejaring sosial tempat saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.
4.Search engine optimizion (SEO), mengoptimalkan pencarian mealui mesin seperti google, yahoo dll.
5.Email marketing atau nomor telephone merupakan surat elektronik yang digunakan sebagai alat komunikasi maupun penawaran produk dari pemilik usaha kepada konsumen.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H