Bahasa adalah media komunikasi pertama baik secara lisan maupun tulisan, Bahasa juga bisa di sebut sebagai identitas negara. tentunya sama hal nya dengan bahasa perdagangan. perdagangan juga membutuhkan tata bahasa untuk memasarkan produk serta hubungan erat antara penjual dan pembeli.
perdagangan di indonesia adalah salah satu pendapatan negara secara finansial, teringat banyaknya pasar pasar perdagangan di indonesia mulai dari pasar pangan, sadang dan papan. melihat keadaan sekarang pasar kini bukan lagi hanya tempat yang padat serta tumpukan tumpukan produk jualan yang membeludak, melainkan pasar berbasis online sudah marak berjalan di indonesia.
Pembahasan mengenai Perdagangan di indonesia. Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) mulai di terapkan di negara indonesia. MEA membuat produk ekonomis, informasi dan perdagangan masuk dengan cepat tanpa batas. Bahasa Indonesia sendiri termasuk bahasa indentitas nasional yang dapat di gunakan untuk memasarkan budaya indonesia agar di ketahui masyarakat luas terutama wilayah ASEAN. Fenomena ini menyadarkan penting nya bahasa indonesia dalam masyarakat ekonomi ASEAN.
Bahasa Indonesia sebagai bahasa perdagangan harus bersifat persuasif yang dimana bisa mempengaruhi orang lain untuk membeli produk barang atau jasa yang di tawarkan. bahasa indonesia harus memiliki nilai jual sehingga masyarakat tertarik untuk membeli produk yang di tawarkan.Â
kesimpulan dari tulisan di atas adalah peran Bahasa Indonesia sangat di butuhkan di Bahasa Perdagangan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H