Mohon tunggu...
Anisa Sasabella
Anisa Sasabella Mohon Tunggu... Guru - don't hopeless

jangan lupa bersyukur!!🌹

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Metode Ceramah dalam Pembelajaran, Efektifkah?

13 Juni 2022   09:45 Diperbarui: 13 Juni 2022   09:55 1754
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

METODE DALAM PEMBELAJARAN, EFEKTIF KAH?

Menurut Wina Sanjaya (2006:147), jelaskan bahwa metode ceramah merupakan cara penyampaian, pelajaran dengan penuturan secara lisan ataupun penjelasan secara langsung kepada peserta didik. Metode ini adalah cara pengimplementasian strategi pembelajaran ekspositori. 

Penulis menyimpulkan metode ceramah adalah Didik menjelaskan atau memberi materi kepada murid dan murid hanya mendengarkan dengan merumuskan tujuan yang dicapai, menguasai materi pembelajaran dengan baik dan memahami minat dan gaya belajar siswa.

Adapun langkah penerapan pembelajaran metode ceramah, persiapan (langkah yang sangat penting), penyajian yang menarik, kolerasi atau menghubungkan materi dengan pengalaman siswa, simpulkan isi dari materi yang telah disampaikan, mengaplikasikan dengan memberikan tugas mengenai pelajaran yang telah disajikan.

Pelajaran metode ceramah memiliki kelebihan yaitu dapat mengontrol urutan dan keluasan materi pelajaran juga sangat efektif apabila materi pelajaran harus selesai sesuai dengan waktunya. kelebihan pasti juga ada kekurangannya. Kekurangannya meliputi siswa mengembangkan kemampuan siswa dalam hal sosialisasi dan pembelajaran dengan metode ini hanya dapat dilakukan terhadap siswa yang memiliki kemampuan mendengar dengan baik. Jadi, ceramah ini efektif apabila digunakan untuk anak kelas 1 sampai 3, karena pada usia kelas 1 sampai 3 masih sulit untuk memahami dari pelajarannya sendiri dan harus mendapat bimbingan dari seorang guru.

Daftar rujukan

Rizal M., Muh, Thamrin Tayeb, Nurkholisah Latuconsina. 2016. Efektivitas Penerapan Metode Ekspositori Berbasis Kuis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN MARANG Kabupaten Pangkep. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, Vol. 2 No. 2 Hal. 172-185.

Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun