Strategi Pembelajaran PLS di TK/PAUD kartini desa Nantal, Kecamatan Lahat selatan, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan
Pendidikan ialah kunci utama dalam membentuk masa depan yang cerah bagi generasi muda. Di tengah arus perkembangan zaman, TK/PAUD Kartini Desa Nantal, Kecamatan Lahat Selatan, muncul sebagai pelopor dalam menerapkan pendekatan pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup dan Keberlanjutan (PLS) sebagai upaya konkret untuk mengajarkan nilai-nilai keberlanjutan sejak dini.
Pendidikan Luar Sekolah bukan hanya sekadar mengajarkan materi pelajaran tambahan, tetapi merupakan filosofi hidup yang ditanamkan dalam setiap aspek pembelajaran di TK/PAUD Kartini yang berasa di desa Nantal ini. Melalui pendekatan ini, anak-anak diajak untuk memahami hubungan yang kompleks antara manusia dan lingkungannya, serta pentingnya menjaga keberlangsungan alam demi kesejahteraan bersama.
Salah satu strategi utama dalam implementasi Pendidikan Luar Sekolah di TK/PAUD Kartini adalah melalui pembelajaran berbasis pengalaman. Anak-anak diajak untuk belajar secara langsung dari melihat lingkungan sekitar mereka melalui kegiatan observasi, eksperimen, dan interaksi langsung dengan alam. Dengan demikian, mereka tidak hanya memahami konsep-konsep teoritis, tetapi juga mengalami secara nyata pentingnya menjaga lingkungan hidup.
Kolaborasi dengan berbagai pihak juga menjadi kunci keberhasilan dalam menerapkan pembelajaran PLS. Melalui kemitraan dengan komunitas lokal, TK/PAUD Kartini dapat memperluas jangkauan pembelajaran di luar ruang kelas, seperti mengadakan kunjungan ke tempat-tempat penting seperti ke taman wisata yang ada di Lahat dalam menjaga lingkungan hidup, atau mengundang narasumber dari berbagai latar belakang untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka seperti diadakan nya kunjungan dari pihak kepolisian yang sosialisasi kepada anak-anak disana.
Tidak hanya itu, pengintegrasian teknologi juga menjadi salah satu strategi yang penting dalam pembelajaran Pendidikan Luasr Sekolah . Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, guru dapat memperkaya pembelajaran dengan menyajikan informasi dan konten edukatif yang relevan dengan isu-isu lingkungan hidup secara interaktif dan menarik bagi anak-anak.
Melalui implementasi strategi pembelajaran PLS ini, TK/PAUD Kartini Desa Nantal bukan hanya sekadar lembaga pendidikan, tetapi juga menjadi pusat pembelajaran dan advokasi untuk keberlanjutan lingkungan hidup. Dengan memupuk kesadaran dan nilai-nilai keberlanjutan sejak dini, generasi muda Desa Nantal diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang mampu menjaga dan melestarikan lingkungan hidup bagi generasi mendatang.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H