Pendengar yang baik merupakan seorang yang memiliki keterampilan mendengarkan yang aktif dan  empatik. Mereka mampu menyampaikan perhatian penuh kepada pembicara, memahami pesan yang disampaikan, serta merespons dengan cara yang menghormati dan  menunjukkan minat.      Â
Menjadi seorang pemimpin yang baik juga wajib  menjadi pendengar yang baik. Kemampuan untuk mendengarkan dengan efektif merupakan salah satu karakteristik penting dari kepemimpinan yang efisien serta menginspirasi. Tujuannya adalah untuk setiap kebijakan yang dibuat atau program-program yang akan dijalankan kedepanya selaras dengan kebutuhan masyarakat.Â
Salah satu pemimpin yang mempunyai jiwa pendengar yang baik ialah Andi Sumangerukka. Hal ini dapat dilihat saat andi Sumangerukka melakukan kunjungan safari politik ke daerah-daerah yang berada di Sultra. Setiap melakukan Kunjungan Andi Sumangerukka selalu menerima keluhan/aduan dari masyarakat, untuk kemudian ia bersama tim, mengolah laporan yang diterima menjadi sebuah program atau bantuan untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkannya. Hal ini juga merupakan salah satu bentuk kepedulian Andi Sumangerukka terhadap masyarakat dan untuk mewujudkan Sultra yang sejahtera.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H