Mohon tunggu...
Anisa Pujiastuti
Anisa Pujiastuti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Enterpreneur Purworejo

Saya Anisa Pujiastuti, seorang enterpreuner yang memiliki passion besar dalam dunia bisnis dan seni. Dengan pengalaman dan keahlian saya, saya berkomitmen untuk membangun bisnis raksasa dengan omset yang tinggi. Sebagai seorang yang mudah bergaul, saya mampu membangun jaringan yang kuat dan relasi yang baik dengan berbagai pihak. Hobi saya membaca, yang tidak hanya memperkaya pengetahuan saya tetapi juga memberikan inspirasi untuk inovasi dan pengembangan diri. Dalam menjalani kehidupan dan karier, saya selalu berpegang pada prinsip kejujuran, kesetiaan, dan ketulusan. Saya percaya bahwa integritas adalah kunci utama dalam mencapai sukses yang berkelanjutan. Selain itu, saya memiliki ketertarikan besar pada seni, yang memberikan saya perspektif kreatif dalam menjalankan bisnis. Saya selalu berusaha untuk menggabungkan elemen-elemen seni dalam strategi bisnis saya, menciptakan solusi yang tidak hanya efektif tetapi juga estetis. Dengan dedikasi dan kerja keras, saya yakin dapat mencapai impian saya untuk membangun sebuah bisnis yang tidak hanya besar secara skala, tetapi juga berdampak positif bagi masyarakat luas. Saya adalah pribadi yang aktif dan selalu siap membantu, serta berbagi ilmu dan pengalaman dengan orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Dua Mahasiswa Politeknik Kutoarjo Kembangkan Inovasi dari Daun Jambu Mete

1 Juni 2024   12:39 Diperbarui: 30 Juni 2024   05:54 292
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dua Mahasiswa Politeknik Kutoarjo saat menunjukan sample produk inovatif mereka - Dok. pribadi

Turut serta mendukung perkembangan UMKM di Kabupaten Purworejo, dua mahasiswa Politeknik Sawunggalih Aji Kutoarjo (Politeknik Kutoarjo), berhasil menciptakan terobosan baru dalam pemanfaatan bahan alami. Berawal dari tugas kuliah kewirausahaan yang merekomendasikan mereka mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-Kewirausahaan), mereka menemukan ide inovatif memanfaatkan daun jambu mete sebagai bahan dalam proses pembuatan sabun organik.

Dari hasil penelitian yang telah ada, diketahui bahwa daun jambu mete mengandung antioksidan dan anti inflamasi yang berkhasiat mengurangi gatal-gatal di kulit. Temuan ini mendorong mahasiswa DIII Administrasi Bisnis ini untuk mengeksplorasi potensi daun jambu mete lebih lanjut.

Anisa menceritakan awal mula ide ini terbentuk. "Ide ini muncul setelah kami mempertimbangkan berbagai peluang usaha untuk menyelesaikan tugas kuliah. Saya menyadari bahwa di sekitar rumah saya ada  pohon jambu mete yang daunnya belum dimanfaatkan secara optimal," ungkapnya.

Perjalanan mereka dalam merintis usaha ini tidaklah mudah. "Kami telah melakukan berbagai riset, mulai dari usaha makanan hingga produk kecantikan. Akhirnya, kami memutuskan untuk fokus pada pembuatan sabun dari ekstrak daun jambu mete, dan kami beri nama Caleen Soap " kata Alya.

Dokumen Pribadi -- Penampakan sabun dari depan
Dokumen Pribadi -- Penampakan sabun dari depan

Mengutamakan penggunaan bahan-bahan alami yang tidak mengiritasi kulit, inovasi ini menawarkan alternatif yang aman bagi masyarakat yang peduli terhadap kesehatan kulit mereka.

Dosen Pembimbing dari kedua mahasiswa ini--Bapak Agus Fitri Yanto, S.E., M.M., memberikan pandangannya mengenai inisiatif ini. "Produk berbasis bahan alami seperti yang dikembangkan oleh Anisa dan Alya sangat potensial. Ini menunjukkan bahwa kita bisa memanfaatkan sumber daya lokal dengan cara yang inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat."

Saat ini, sabun buatan Anisa dan Alya yang merupakan produk UMKM telah mulai diperkenalkan di daerah Purworejo dan sekitarnya. Produk mereka mendapat sambutan positif dari masyarakat, yang semakin menyadari pentingnya memilih produk yang aman dan ramah lingkungan.

"Kami berharap inovasi ini dapat memberikan manfaat yang luas dan menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya untuk berkreasi dan berinovasi," tambah Alya.

Inisiatif yang diambil oleh dua mahasiswa semester 2 ini adalah bukti nyata bahwa dengan kreativitas dan ketekunan, tantangan dalam dunia kewirausahaan dapat diatasi. Mereka menunjukkan bahwa peluang usaha bisa ditemukan di mana saja, bahkan dari hal-hal yang terlihat sederhana di sekitar kita. (ap)

Dokumen Pribadi--Penampakan sabun organik
Dokumen Pribadi--Penampakan sabun organik

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun