Menurut Edy Sukarno, definisi sistem pengendalian manajemen adalah suatu sistem terpadu yang terdiri dari proses, strategi, keputusan, akuntabilitas, penganggaran, dan pemrograman, di mana seorang individu mengelola bisnis atau organisasi untuk mencapai hasil yang diinginkan. mendukung.
Sistem pengendalian manajemen dirancang untuk mengarahkan upaya semua unit organisasi untuk mencapai tujuan organisasi dan manajemen atau perusahaan.
Keberadaan sistem manajemen bisnis dalam suatu perusahaan sangat penting karena dapat berperan besar dalam kecepatan perkembangan perusahaan. Jika suatu perusahaan tidak memiliki sistem manajemen bisnis atau sistem manajemen yang baik, maka dapat diklasifikasikan sebagai perusahaan yang menurun.
Sistem manajemen bisnis diterapkan oleh perusahaan yang memiliki rekam jejak keuangan dan non-keuangan yang terbukti. Kinerja keuangan berfokus pada laba bersih dan pengembalian investasi, sedangkan kinerja non-keuangan berfokus pada kualitas produk, pangsa pasar, kepuasan pelanggan, dan semangat kerja karyawan.
Dari hasil analisis PT. Lion Super Ind0 merupakan contoh perusahaan yang terus berkembang dan berinovasi, dan ada kategori yang dapat dilihat dari hasil sistem manajemen bisnis pembuatan aplikasi keanggotaan yang diluncurkan oleh PT. Lion Super Indo.
PT. Lion Super Indo adalah perusahaan jaringan ritel dan supermarket nasional terbesar di Indonesia. Motto PT. Lion Super Indo adalah menjadi perusahaan yang lebih segar, lebih hemat dan lebih dekat. Oleh karena itu, Super Indo memiliki beragam barang kebutuhan sehari-hari yang dapat dipercaya oleh pelanggan, baik dari segi kualitas, integritas produk, kesegaran produk, aksesibilitas, dan loyalitas untuk melayani pelanggan Super Ind0.
Menurut pengamat, Super Ind0 juga memiliki strategi yang baik untuk manajemen dan perusahaan. Super Ind0 telah mengadopsi strategi "ritel berkelanjutan". Ini berarti mendorong pelanggan dan karyawan untuk makan makanan sehat setiap hari, semakin mengurangi limbah makanan dan minuman yang mereka hasilkan, dan menciptakan tempat kerja yang sehat dan komprehensif bagi karyawan.
Oleh karena itu, Super indo perlu mengembangkan sistem atau inovasi baru yang memudahkan pelanggan dan karyawan untuk mendapatkan informasi terkait program super indo. Janji kepada pelanggan super indo sangat jelas dan dapat dilihat dari strategi yang mencakup janji kepada pelanggan: "tempat yang lebih baik untuk berbelanja,lingkungan yang lebih baik, dan tempat yang lebih baik untuk bekerja". Super Indo tidak hanya memberikan layanan terbaik dan produk berkualitas. Tetapi juga membangun perubahan komunitas yang positif dan inovasi baru.Berbicara tentang inovasi dan sistem kontrol perusahaan, terutama di bidang promosi pemasaran. Bertepatan dengan ulang tahun super indo yang ke-23. Telah resmi meluncurkan aplikasi keanggotaan digital inovatif bernama "My SuperIndo".
Aplikasi super indio digital membership dirancang dan dikembangkan dengan sentuhan pribadi. Aplikasi "My Super Indo" dirancang untuk pelanggan yang dapat menikmati berbagai manfaat khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya hidup masing-masing, sehingga memudahkan mereka untuk lebih dekat dengan super indo.
Penawaran yang diterima pelanggan benar-benar relevan dan, tentu saja, mudah diakses, karena aplikasi mungkin dari sudut pandang personalisasi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H