Anisa Dwi Agustina
Universitas 17 Agustus 1945 Â (Ilmu Komunikasi)
Email: anisadwi653@gmail.com
Abstrak. Saat ini Korean Wave sangat diminati oleh kalangan anak muda, terutama Korean Pop. Hal ini juga mempengaruhi ide bisnis UMKM di masyarakat yang mengikuti apa yang sedang populer belakangan ini. Contohnya seperti UMKM yang berada di Desa Tembok Dukuh Kecamatan Bubutan, Surabaya.Â
Mereka menjual Linen Spray yaitu pembersih alami yang dapat membersihkan kotoran seperti kutu debu, biasanya disemprotkan ke ruangan atau benda-benda yang berbahan dasar kain. Yang menjadikannya berbeda dengan produk linen spray lain adalah varian wanginya yang terinspirasi dari parfum milik idola boygrup Korea Selatan yaitu, NCT.Â
Tentu saja ini merupakan bisnis yang sangat menguntungkan, tetapi permasalahan muncul dikarenakan penjual kurang mengoptimalkan penggunaan media sosial untuk sarana promosi sehingga produknya kurang diketahui publik.Â
Dan juga karena produk ini bisa dikatakan sebagai merchandise Kpop, masyarakat  yang bukan penggemar Kpop menjadi tidak tertarik untuk membelinya padahal seharusnya manfaat dari produk ini bisa dinikmati oleh semua golongan tidak hanya penggemar Kpop saja.Â
Karena hal tersebut mengakibatkan kurangnya minat pembeli karena merasa produk ini untuk golongan penggemar tertentu saja.
Diharapkan dengan adanya KKN ini, permasalahan mitra tentang promosi digital dan kurang meluasnya konsumen dari produk mitra dapat teratasi. Kegiatan pelaksanaan KKN ini dilaksanakan pada tanggal 1-12 Juni di rumah mitra. Luaran pelaksana berupa publikasi media massa yang terpublish di  , artikel ilmiah  , dan video inspiratif, serta luaran tambahan berupa karya desain..
Kata Kunci: ; Kpop ; NCT ; Media Sosial)
PENDAHULUAN