Abstrak. Pandemi Covid-19 di Indonesia yang terjadi pada awal maret 2020 memberikan dampak terhadap beberapa aspek, salah satunya aspek pendidikan. Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, pemerintah menetapkan program pembelajaran jarak jauh (PJJ). Berbagai upaya dilakukan guru untuk memaksimalkan pembelajaran, salah satunya adalah penggunaan power point sebagai media pembelajaran.Â
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuisioner, dengan instrument penelitian adalah angket yang diisi oleh siswa melalui Google Form dan wawancara dengan narasumber guru kelas.Berdasarkan data hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa media pembelajaran power point efektif digunakan dalam Pembelajaran Jarak Jauh SDS 448 AL-Barokah.
Pendahuluan
Seiring dengan kemajuan teknologi yang mengglobal telah terpengaruh dalam segala aspek kehidupan baik di bidang ekonomi, politik, kebudayaan, seni dan pendidikan. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan.Â
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini memberikan dampak yang besar dan signifikan terhadap kehidupan manusia. Dalam berbagai aspek kehidupan manusia tidak lepas dari kehadiran teknologi informasi dan komunikasi, salah satunya dalam aspek pendidikan. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi saat ini memudahkan untuk mengakses.
Tahun 2020 saat ini Indonesia dan berbagai negara di belahan dunia lainnya tengah dihadapkan dengan pandemic yang disebabkan oleh virus coronavirus. Coronavirus merupakan virus jenis baru (SARS-CoV-2) dan penyakitnya disebut Coronavirus disease 2019 (Covid-19) yang berasal dari Wuhan, Tiongkok pada akhir Desember 2019 (Yuliana, 2020 : 188). Virus ini dapat ditularkan dari manusia ke manusia dan telah menyebar secara luas di lebih dari 190 negara sehingga pada 12 Maret 2020, WHO mengumumkan COVID-19 sebagai pandemic (Susilo et al., 2020 : 45).Â
Bidang pendidikan merupakan salah satu yang terdampak dari adanya Covid-19. Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia, Pemerintah melalui Kemendikbud menerbitkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 pada satuan Pendidikan. Program belajar dari rumah ini telah diterapkan dari berbagai tingkatan pendidikan di Indonesia atau yang biasa kita sebut Pembelajaran Jarak Jauh (Kemendikbud, 2020)
Agar proses pembelajaran tetap terselenggara, sekolah-sekolah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai upaya dalam mempertahankan proses belajar mengajar.Â
Pembelajaran daring merupakan kebijakan nasional sebagai langkah strategis dalam upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19. Kelebihan pembelajaran daring sendiri adalah dapat diakses dimana pun dan kapan pun asalkan terhubung dengan koneksi internet. Oleh karena itu, pembelajaran daring mendukung untuk proses Pembelajaran Jarak Jauh. Pembelajaran daring ini berlaku untuk semua jenjang, salah satunya Sekolah Dasar (SD)
SDS 448 AL-Barokah merupakan salah satu sekolah di Bandung yang menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh. Dalam menunjang Pembelajaran Jarak Jauh SDS 448 AL-Barokah menggunakan platform digital whatsapp, google form dan zoom meeting sebagai media untuk menyampaikan materi kepada siswa. Adapun media pembelajaran yang biasa digunakan di SDS 448 AL-Barokah menggunakan power point.Â
Microsoft Power Point merupakan salah satu program berbasis multimedia. Program aplikasi power point merupakan program untuk membuat presentasi yang ada dapat dipergunakan untuk membuat program pembelajaran, sehingga program yang dihasilkan pun akan cukup menarik dengan komposisi warna dan animasi yang digunakan.Â